Denpasar (Antara Bali) - Konsumen Jepang menjadi pembeli terbesar kedua setelah Amerika Serikat terhadap komoditi nonmigas Bali, dengan matadagangan terbanyak adalah ikan dan udang serta produk mesin/peralatan listrik.

Perolehan devisa nonmigas Bali selama April 2012 misalnya sebanyak 52,9 juta dolar AS sebanyak 8,8 juta dolar di antaranya dari Jepang, kata Kepala Seksi Ekspor Disperindag Bali, Putu Bagiada SE di Denpasar Senin.

Sedangkan Amerika Serikat membeli terbanyak aneka ragam barang kerajinan yakni seharga 10,8 juta dolar dalam periode yang sama sehingga menempati posisi tertinggi, sedangkan di tempat ketiga adalah konsumen Singapura.

Ia mengatakan, konsumen Jepang terbanyak membeli ikan dan udang yakni sekitar 48,40 persen dari perdagangan ke pasar luar negeri bernilai 8,2 juta dolar selama April 2012, sedangkan sisanya dibeli negara lain.

Produk mesin/peralatan listrik yang dibuat di Bali yang diekspor bernilai 2,9 juta dolar selama April, sekitar 91 persen dipasarkan ke Jepang, dan ini menyebabkan konsumen negeri Matahari Terbit itu berada diurutan kedua.(IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012