Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana, Provinsi Bali dan Perum LKBN ANTARA Biro Bali menyepakati untuk memperkuat kerja sama yang selama ini terjalin, khususnya dalam bidang pemberitaan potensi daerah, diklat jurnalistik, dan perluasan distribusi informasi melalui videotron/i-media.

"Sejak SD, saya sudah tahu kalau Kantor Berita Indonesia adalah ANTARA, karena itu kerja sama yang sudah terjalin selama ini silakan diperkuat," kata Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna saat menerima kunjungan pimpinan dan staf LKBN ANTARA Biro Bali di Kantor Bupati Jembrana di Negara, Kamis.

Didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jembrana Made Gede Budhiarta, SSTP, M.Si, ia menjelaskan kerja sama dengan LKBN ANTARA itu juga sangat strategis, karena apapun tentang Jembrana akan dapat disebarluaskan kepada masyarakat Indonesia dan bahkan dunia.

"Tentunya, kerja sama itu harus saling menguntungkan, baik di pihak kita maupun di pihak ANTARA. Pemkab akan menyiapkan sarana atau fasilitas yang dibutuhkan, kemudian ANTARA yang memberi dukungan dalam konten informasi dan menyebarluaskannya," katanya.

Baca juga: Pemprov Bali fasilitasi ratusan awak media untuk vaksinasi COVID-19, termasuk ANTARA Bali (video)

Kepada Kepala Biro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub dan staf, Wabup mempersilakan ANTARA untuk melakukan koordinasi secara teknis dengan Dinas Kominfo Jembrana, termasuk untuk menjalin koordinasi dengan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Jembrana guna meningkatkan pengembangan kapasitas di wilayahnya. Rencananya, teknis kerja sama distribusi informasi dimulai akhir tahun 2021, termasuk pelatihan jurnalistik.

 
Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna saat menerima kunjungan Kepala LKBN ANTARA Biro Bali Edy M Ya'kub
bersama staf LKBN ANTARA Biro Bali dan staf IMQ Digital Media di Kantor Bupati Jembrana di Negara, Kamis (18/3/2021).
(Antara News Bali/HO-Pemkab Jembrana/2021)


Sementara itu, Edy M Ya'kub menjelaskan pertemuan yang dilakukan dengan Wabup Jembrana yang mewakili Bupati Jembrana itu memang bertujuan memperkuat kerja sama yang sudah lama vakum dan baru dijalin kembali bersama Dinas Kominfo Jembrana sejak tahun 2019.

"Bersama Dinas Kominfo Jembrana, kami justru menyambung kembali kerja sama dengan memasang i-media pada tiga titik di RSU Negara, Dinas Perizinan, dan Disdukcapil. Kedepan, kami akan mengembangkannya dengan kerja sama pemasangan videotron, kerja sama pemberitaan potensi daerah, dan diklat jurnalistik untuk jajaran OPD di sini," katanya.

Didampingi Desi Dora, staf lokal "IMQ Digital Media" (anak perusahaan LKBN ANTARA di bidang out door media); Nyoman Aditya, staf teknis/administrasi/upploader; dan Gembong Ismadi, wartawan ANTARA di Jembrana; ia mengatakan LKBN ANTARA di daerah memang bertugas mengangkat potensi daerah melalui distribusi informasi dan "membela" daerah terkait informasi hoaks yang merugikan masyarakat.

 
Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna saat menerima dua buku 'Suara Milenial Untuk Bali'
terbitan LKBN ANTARA Biro Bali (2020) sebagai cenderamata untuk Bupati dan Wabup Jembrana
yang diserahkan Kepala LKBN ANTARA Biro Bali Edy M Ya'kub setelah audiensi
di Kantor Bupati Jembrana di Negara, Kamis (18/3/2021). (Antara News Bali/Gembong Ismadi/2021)



"Untuk mengangkat potensi daerah dan menangkal hoaks itu, ANTARA menyebarluaskan informasi melalui berbagai kanal, yakni sinergi dengan 300-an media di Tanah Air serta sejumlah kantor berita asing dan KBRI. Bermitra dengan media dan sejumlah kantor berita asing dan KBRI itu merupakan tugas utama ANTARA dalam diplomasi informasi. Biasanya, pihak asing menyukai informasi tentang pariwisata dan budaya di Pulau Bali," katanya.

Baca juga: GM PLN Bali minta ANTARA dorong masyarakat manfaatkan "PLN Mobile"

Selain itu, ANTARA juga mengemban tugas negara dalam penyebarluasan distribusi melalui kanal-kanal informasi yang langsung berhubungan dengan publik yakni 34 portal konvergensi yang dimiliki ANTARA pada setiap provinsi dan kanal distribusi melalui 1.200-an i-media dan videotron. Khusus Biro Bali juga memiliki "Koran Digital" yang ditempelkan pada portal biro dan juga diterbitkan secara "print" yang saat ini dilanggani sejumlah instansi. Untuk mengangkat potensi daerah, portal biro (bali.antaranews.com) juga memiliki rubrik khusus, diantaranya tourism, bali visit, taksu, fokus anti-hoax, bali calendar, info TNI-Polri, dan inforial.

"Untuk publik, selain berbentuk kanal informasi, kami juga bermitra melalui kerja sama yang bersifat edukasi atau literasi, seperti diklat jurnalistik, pameran foto, media visit/magang, lomba/award, dan kemitraan lainnya. Itulah tugas publik kami," kata Edy yang dalam kesempatan itu menyerahkan dua buku 'Suara Milenial Untuk Bali' terbitan LKBN ANTARA Biro Bali (2020) sebagai cenderamata untuk Bupati dan Wabup Jembrana.


Pemkab Karangasem
Untuk dukungan yang sama kepada Pemkab Karangasem, Kepala Biro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub juga berkunjung ke Bagian Humas dan Protokol Setda Pemkab Karangasem guna menjalin kerja sama imbal siar, dalam rangka mengangkat potensi kabupaten di ujung timur Pulau Dewata yang dikenal dengan pertanian dan wisata sejarah itu.

 
Kepala Biro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub berkunjung ke Bagian Humas dan Protokol Setda Pemkab Karangasem
yang diterima oleh Kasubag Dokumentasi Pimpinan, Humas dan Protokol Pemkab Karangasem, Ni Luh Budi Astika,
yang mewakili Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Karangasem Edi Setiadi DJ.
(Antara News Bali/adt/2021)



Dalam kunjungan itu (23/3/2021), Edy diterima oleh Kasubag Dokumentasi Pimpinan, Humas dan Protokol Pemkab Karangasem, Ni Luh Budi Astika, yang mewakili Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Karangasem Edi Setiadi DJ yang sedang mengikuti kegiatan Bupati Karangasem.

"Selain mengangkat potensi daerah, tugas penting kami juga membantu melakukan counter hoaks yang menyangkut daerah," kata Edy yang saat itu juga menyerahkan dua buku 'Suara Milenial Untuk Bali' terbitan LKBN ANTARA Biro Bali (2020) sebagai cenderamata untuk Kabag Humas dan Kasubag Humas Pemkab Karangasem.

 
Kepala Biro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub (kiri) berkunjung ke Setda Pemkab Karangasem untuk
membahas MoU kerja sama di bidang media in door (i-media) dan out door (videotron) dengan
Diskominfo Karangasem di Ruang Wabup Karangasem, Jumat (26/11/2021). (Antara News Bali/adt/2021)



Pada Jumat (26/11/2021), Kepala Biro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub (kiri) juga berkunjung ke Setda Pemkab Karangasem untuk membahas MoU kerja sama di bidang media in door (i-media) dan out door (videotron) dengan Diskominfo Karangasem di Ruang Wabup Karangasem.


"Media Visit"
Sebulan sebelumnya (19/2/2021), tim pengembang aplikasi digital "Nouva Core" Denpasar berkunjung atau melakukan "media visit" ke Kantor LKBN ANTARA Biro Bali. Dalam kunjungan itu, CEO "Nouva Core" IGP Rahman Desyanta, bersama staf marketing, Melizabeth Erchie S., diterima Kabiro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub bersama staf LKBN ANTARA Bali dan staf lokal ANTARA Digital Media, Dessy Dora.

Mereka membahas perkembangan media sosial di Pulau Dewata dan akhirnya disepakati kemitraan dengan LKBN ANTARA Biro Bali selama enam bulan terhitung sejak Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Kepala Ombudsman Bali dan kesan sembilan tahun bersama wartawan

Selain itu, Sales Manager dari Fame Hotel Sunset Road, Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Rosita Cintya Dewi, juga bertandang ke Kantor Biro ANTARA Bali pada Jumat (26/3/2021). Kedatangan Manager Sales Fame Hotel itu membahas jalinan kerja sama yang lebih erat, mengingat Fame Hotel sudah lama menjalin kerja sama dengan LKBN ANTARA Biro Bali sejak tahun 2017.

"Kita bisa menyambung kemitraan dalam kegiatan-kegiatan yang terkait kepentingan publik, karena titik temu antara teman-teman Humas dengan media adalah adanya kepentingan publik di dalamnya," kata Edy.

Sementara itu, peserta Forum Bisnis dan Mukernas Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) di Uluwatu, Kuta, Bali, 26-28 Maret 2021, terutama peserta yang berasal dari Jawa Timur, juga melakukan "media visit" ke Kantor LKBN ANTARA Biro Bali, Minggu (28/3/2021), saat singgah dalam perjalanan pulang dari Kuta, Bali, ke Surabaya, Jatim. "Karena acara kami di Bali, maka kami menyempatkan diri bertemu teman-teman di sini," kata pengurus HPN Kota Surabaya, Alaik Hadi.

Pada Kamis (20/5/2021), Letkol Umbu dari TNI AD bersama rekannya dari TNI AL juga bertandang ke kantor biro LKBN ANTARA Bali untuk berbagi informasi tentang kiprah LKBN ANTARA di Pulau Dewata. (*)

Baca juga: Video Tentang ANTARA Biro Bali




SELAYANG PANDANG "ANTARA BALI"

ERA PERINTIS
0. Herman : 1945
    -- “Kantor” ke-1 ANTARA Bali :  d/h Restoran Betty Jl Sumatera 56, Banjar Titih, Denpasar
    -- Lokasi siar proklamasi (18/8/1945) -- dibaca : Herman/wartawan
    -- Sumber: Video Tentang ANTARA Biro Bali
        "Berita Proklamasi Kemerdekaan RI sampai ke Provinsi Bali karena dibawa oleh seorang
         wartawan ANTARA bernama Herman"
         (Buku "Kiprah Kerobokan dan Peranan Markas 'K' Dalam Sejarah Pergerakan Perintis
         Kemerdekaan dan Revolusi Fisik 1945" oleh I Gusti Ketut Wibisana Aryadharma)

 i. I Wayan TjatranataKoresponden Pertama/resmi  (1972 – 1979)  
     -- koresponden resmi ANTARA yang pertama di Bali (tugas utama sebagai wartawan
        RRI Denpasar)
     -- pembawa Berita Proklamasi Kemerdekaan RI di Bali bernama Herman (koresponden
        ANTARA/tidak resmi)
     -- "kantor" redaksi di rumahnya di Jl Pulau Bawean 23, Denpasar
     -- namanya diabadikan sebagai "award" untuk pihak terbaik berkontribusi yakni Sertifikat
        Wayan Tjatranata (sejak 2017)

 ii.  Ismail Jacob  Utusan Persiapan Cabang Antara (Oktober-Desember 1979)
      -- pinjam ruang di kantor Deppen Bali, Jl Melati 23, Denpasar (Okt.-Des. 1979)
      -- pinjam Gedung Pos di Jl Kamboja 6,  Denpasar (depan Kantor Pos Kreneng):
         (Okt.-Des. 1979)

 1.  Otang Fharyana Kepala Cabang Pertama (Januari 1980 – 1983)
      -- Kepala Cabang Pertama yang ditunjuk Antara Pusat sejak Januari 1980 (berkantor di
         Gedung Pos Kreneng, Denpasar)
      -- perintis kantor biro-1981 (Jl Mataram 1, Lapangan Lumintang, Kota Denpasar, Bali)
      -- Tanah Hak Guna Pakai dari Pemkab Badung seluas tanah 442 meterpersegi itu
         satu hamparan dengan PWI Cabang Bali
      -- Berita Acara Serah Terima Pemakaian Gedung No. 641/3469/Humas
         (tanpa sertifikat/berita acara di LKBN ANTARA Pusat)
         (gedung direnovasi dengan dana hibah APBD 2008/Provinsi Bali sebesar Rp260 juta
          -- era Kepala Biro Tunggul Susilo/2007 – 2013)
      -- rekrut beberapa wartawan, diantaranya IB. Alit Wiratmaja
      -- kunjungi Kantor Biro LKBN ANTARA Bali untuk tapak tilas dan dialog/refleksi sebagai
         Kepala Cabang Pertama ANTARA Bali (26/9/2022) -- menerima "Sertifikat Tjatranata 2022"


ERA PENGEMBANGAN
 2.  Syahrul B. Hidayat  -  Kepala Cabang (1983 – 1986)
      -- anak Wiwiek Hidayat (Kepala Cabang LKBN ANTARA Surabaya)
      -- melengkapi sarana/prasarana kantor
      -- merekrut 2 wartawan (Ketut Atmadja dan Ketut Sutika)

 3.  IB. Alit Wiratmaja   -  Kepala Cabang   (1986 – 1996)
      -- 17-2-1987 : kantor diresmikan Menteri Penerangan H Harmoko
         (peresmian disaksikan Gubernur Bali Ida Bagus Mantra dan Pemimpin Umum
          LKBN ANTARA Ir Handjojo Nitimiharjo).
      -- perintis rumah dinas - 1988
         (Jl Gatot Subroto VI-F No. 22, sekitar 300 meter ke timur dari kantor biro)
         (tanah Hak Guna Pakai dari Pemkab Badung seluas 300 meterpersegi
         dengan IMB/copy, tapi gedung-nya dibangun LKBN ANTARA Pusat)
      -- rekrut 2 wartawan baru (Eddy Karna Sinoel/Mataram dan
         Dewa Made Suta Sastradinata/resign)
      -- Tahun 1996-1998, Alit Wiratmaja dipromosikan jadi Kabiro ANTARA Canberra

 4.  I Ketut Atmadja    - Kepala Biro       (1996 – 1998)

 5.  IB. Alit Wiratmaja  - Kepala Biro      (1998 – 2000)
      -- sempat dua tahun memimpin ANTARA Biro Australia (1996-1998)

 6.  Chandra Hamdani Noor  - Kepala Biro     (2000 – 2005)
      -- meningkatkan kerja sama dengan kalangan pariwisata

 7.  Drs. Ahmad Wijaya  - Kepala Biro            (2005 – 2007)
      -- fokus menjalin kekeluargaan di LKBN ANTARA Bali


ERA PEMANTAPAN
8. Tunggul Susilo  - Kepala Biro              - (2007 – 2013)
       -- perintis portal biro (7 Februari 2008) : Era Perum/BUMN
       -- era pertama Biro Bali menerima Asmen Pemberitaan, yakni M Irfan Ilmie, lalu Masuki M Astro
       -- renovasi kantor biro dengan dana hibah APBD 2008/Provinsi Bali sebesar Rp260 juta
       -- Berita Acara Serah Terima Pemakaian Gedung No. 641/3469/Humas
          (tanpa sertifikat/berita acara di LKBN ANTARA Pusat)
          (gedung direnovasi dengan dana hibah APBD 2008/Provinsi Bali sebesar Rp260 juta,
           pembangunan gedung ditangani swasta dibawah kendali Pemprov Bali)
       -- membangun merajan atau pura kecil di kantor biro dan rumah dinas
       -- rekrut Ni Luh Rismawati, Dewa Wiguna, dan Nyoman Aditya

9. Made Tinggal Karyawan - Kepala Biro      - (2013 – 2016)
      -- perintis koran biro “Bali Kini” (September 2015)
      -- pendukung utama koran "Bali Kini" : Made Tinggal Karyawan/Kabiro,
         Ketut Atmadja/mantan Kabiro, dan mendiang maestro seni lukis Bali, Nyoman Gunarsa
      -- meninggal dunia dg Plh Kabiro : I Ketut Sutika (September-Desember  2016)
         (6 Oktober 2018 : Redaktur Senior I Ketut Sutika menjalani pensiun
          -- setelah 2 kali perpanjangan)

10. Edy M Ya’kub  - Kepala Biro   -  (2016 - 2023) 
      -- perintis portal konvergensi (teks, foto, video, grafis, iklan digital) : 13-5-2017
      -- perintis koran digital : 23 Maret 2018
         a. 7 Februari 2018       : tutup koran biro “Bali Kini”
         b. 25 September 2022 : rintis koran digital (kortal) edisi khusus pariwisata
      -- perintis peran non-media :
         a. pameran fotografi jurnalistik "Rwa Bhineda" (sejak 13 Desember 2017/tahunan/HUT ANTARA)
         b. pelatihan jurnalistik (SMN 2017-2019 serta coaching clinic+UKW : Maret-Mei 2022)
         c. pencetus "Tjatranata Award" untuk wartawan/karyawan (internal)
             dan mitra media/humas (eksternal) yang berkontribusi
             (penerima award 2017-2022: NL Rhismawati-Dewa Wiguna/2017, Pemkab Badung/2018,
              Bank Indonesia/2019, Harian Bali Post/2020, PLN/2021, Gubernur Bali Wayan Koster+
              Otang Fharyana/2022)
      -- pengembangan non-keredaksian:
         a. 1 Desember 2018 : mengganti papan nama ANTARA dengan versi aksara Bali
             (peraturan daerah dari Gubernur Bali)
         b. 22 Juli 2019         : "placement/diseminasi media"
             (pengembangan kerjasama konten ANTARA-Kominfo)
         c. pengembangan SDM (2018-2022):
             --  6 Oktober 2018  : Redaktur Senior I Ketut Sutika menjalani pensiun 
                                            (setelah 2 kali perpanjangan)
             -- 11-16 Sept. 2019 : barisan jajaran non-redaksi/pensiun dini
                                           (Analia, Made Sudarta, Tapayasa)
             -- 2018-2019          : rekrut Nyoman Hendra (fotografer/pengganti Wira Suryantala) dan
                                           Ayu Khania Pranisitha (koresponden/pengganti Made Surya)
             -- 1 Juli 2020         : staf administrasi Nyoman Aditya jadi Karyawan Organik Non-Redaksi
             -- 9 Mei 2022         : pewarta senior Komang Suparta jadi Redaktur Portal Biro NTB
                                           dan Ayu Khania Pranisitha (resign/S2)
             -- 9 Mei 2022         : pewarta Genta Tenri Mawangi (ANTARA Pusat) menjadi
                                           Pewarta BKO Biro Bali (BKO setahun untuk G20/KTT G20 di Bali)
             -- 15 Juni 2022       : rekrut Ni Putu Putri Muliantari (koresponden/pengganti Komang S)
                                           dan Rolandus Nampu (koresponden/pengganti Ayu Khania P.)
             -- Nov. - Des. 2022 : evaluasi koresponden untuk fokus foto/tulis (N Fikri Yusuf)
        d. pengembangan peran ANTARA = 3 peran/tugas kantor berita
            (HUT Dasawindu/13 Desember 2017)
            1. TUGAS UTAMA    : Kantor Berita/media massa (media cetak/media online/medsos)
            2. TUGAS NEGARA : Jubir Negara/Bangsa (era disrupsi untuk counter hoaks dan
                                             branding daerah melalui revitalisasi portal : pemda/BUMN/kampus)
            3. TUGAS PUBLIK   : Non-Media (publik/milenial : diklat jurnalistik, pameran foto,
                                            Tjatranata Award, i-media, media partner, dan magang/riset)


TIGA TUGAS KANTOR BERITA

1. TUGAS UTAMA (Tugas Kantor Berita)
    -- melayani media cetak/media online/medsos
    -- kompas informasi (rujukan/dikutip)
    -- platform: melalui jejaring distribusi khusus (VSAT/wire/brand-A/sp2mt)

2. TUGAS NEGARA (Tugas Diplomasi Informasi)
    -- diplomasi informasi eksternal
       (perwakilan/biro luar negeri dan jejaring dengan kantor berita asing/OANA/AsiaNet)
    -- diplomasi informasi internal
       (counter hoaks dan branding potensi negara/daerah secara digital)
    -- peran diplomasi historis
       (melawan kantor berita kolonial ANETA/siarkan Proklamasi Kemerdekaan)
    -- platform : pengembangan agenda setting secara multi media
       a. portal konvergensi/online (imbal siar/inforial),
       b. koran digital (ANTARA Bali),
       c. ANTARA Eye (portal untuk foto/video premium),
       d. medsos,
       e. podcast,
       f. media luar ruang (videotron/i-media/TV-C di ruang tunggu)
          (ruang tunggu DPMPTSP Gianyar; RSUD Gianyar; Diskominfo Pemkab Jembrana
           --> mulai 21 Januari 2018)
       g. Big Data (ETP/platform untuk jejaring khusus bisnis-finansial)

3. TUGAS PUBLIK (Tugas Non-Media)
    -- peran-peran literasi/edukasi/historis/sosial
    -- platform (non-platform) :
       a. diklat jurnalistik (Jurnalisme Indonesia),
       b. pameran fotografi jurnalistik (nyata-maya),
       c. magang (riset, media visit, dan peran membersamai publik milenial),
       d. Tjatranata Award/ANTARA Bali (sertifikat pihak paling kontribusi)
       e. media partner (event)


 

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021