Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mulai melakukan vaksinasi COVID-19 kepada para Sulinggih atau pendeta Hindu serta tokoh-tokoh agama yang ada di wilayah tersebut.

"Sasaran kegiatan vaksinasi saat ini sudah masuk pada komponen pelayanan publik, khususnya untuk hari ini vaksinasi kami tujukan bagi tokoh-tokoh agama dan pelayan masyarakat lainnya yang ada di Badung," ujar Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa di Mangupura, Rabu.

Ia mengatakan, dalam vaksinasi COVID-19 di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung itu, pihaknya memberikan kuota sebanyak 300 orang. Selanjutnya, vaksinasi akan terus bergulir secara bertahap khususnya kepada tokoh agama dan pelayan umat beragama.

"Ini kami dahulukan karena beliau- beliau itu adalah orang- orang yang selalu berhadapan dengan umatnya dan dengan masyarakat, sehingga kami berharap beliau-beliau ini juga bisa aman dari risiko bahaya pandemi COVID-19," katanya.

Wabup Suiasa menjelaskan, apabila para pemuka dan tokoh agama sudah aman dari risiko COVID-19 melalui program vaksinasi, maka nantinya pelaksanaan kegiatan-kegiatan keagamaan dapat berjalan seperti biasa.

Baca juga: Denpasar akan vaksin 26.000 warga Sanur untuk zona hijau COVID-19

Dengan begitu, menurutnya kualitas spiritual masyarakat dalam kondisi pandemi COVID-19 terus meningkat dan bisa berjalan sebagaimana mestinya dan berjalan dengan lancar.

"Mudah-mudahan juga apa yang kami lakukan ini dengan memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19 kepada pelayan umat dan tokoh-tokoh agama ini dapat membuktikan bahwa vaksin ini sangat aman buat kita semua," ungkap Wabup Suiasa.

Selain kepada para Sulinggih dan tokoh agama, Pemkab Badung juga terus menggencarkan vaksinasi COVID-19 kepada berbagai sektor dan komponen masyarakat yang bergerak pada pelayanan publik.

Sejumlah sektor yang disasar diantaranya pedagang pasar, lansia, pelaku pariwisata, pekerja, tokoh agama dan masyarakat, wartawan, pekerja transportasi massal serta para pegawai dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemkab Badung.

Baca juga: Diskes: 28.633 orang Denpasar sudah disuntik vaksinasi COVID-19

Untuk pegawai, program vaksinasi COVID-19 diprioritaskan kepada pegawai di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan prioritas yang paling sering kontak dengan pelayanan masyarakat.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021