Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mengajak masyarakat selalu menjaga kebersihan dan kelestarian saluran irigasi dan sungai di lingkungan masing-masing karena titik-titik tersebut akan dijadikan tampak depan kebersihan wilayah di Badung.

"Nantinya semua aliran irigasi dan sungai yang ada di Badung akan kami tata sebagai tampak depan. Masyarakat harus selalu menjaga kebersihan dan kelestarian aliran saluran irigasi dan sungai di lingkungannya masing-masing," ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat melakukan peninjauan normalisasi saluran irigasi di wilayah Desa Munggu, Mengwi, Badung, Rabu.

Pemkab Badung juga akan memperlancar pengairan lahan pertanian melalui normalisasi saluran irigasi dengan berbagai langkah yang tepat serta efektif karena terjadinya pendangkalan saluran air yang disebabkan beberapa faktor di antaranya endapan sedimentasi lumpur maupun tumpukan sampah.

"Saluran irigasi merupakan salah satu faktor penunjang bidang pertanian. Ini kami lakukan agar saluran air irigasi dapat berfungsi dengan baik untuk memenuhi kebutuhan petani. Di samping itu untuk meminimalisir potensi terjadinya banjir, apalagi saat ini sudah akan memasuki musim penghujan," katanya.

Bupati Giri Prasta menambahkan saluran irigasi seperti yang yang ada di wilayah Desa Munggu juga akan diberdayakan untuk memelihara ikan yang dilakukan bekerja sama dengan para pemuda dan pecinta lingkungan yang ada di wilayah desa tersebut.

Baca juga: Pemkab Badung sediakan 987 titik internet gratis

Menurutnya, hal itu dilakukan karena ikan juga bisa dijadikan sebagai indikator dalam mengukur kebersihan dan kehigienisan air yang mengalir di area saluran irigasi maupun sungai.

Untuk mendukung budi daya ikan di saluran irigasi subak itu, pihaknya juga akan membangun saringan air di hulu, tengah dan hilir saluran irigasi sehingga sampah yang ada di sungai bisa disaring dengan baik.

"Apabila ikan bisa hidup dengan baik di saluran ini, berarti air yang mengalir di saluran irigasi ini memiliki tingkat kebersihan yang bagus," ungkap Bupati Giri Prasta.

Terkait upaya lain untuk mendukung kegiatan pertanian, Bupati Giri Prasta berkomitmen untuk membantu dan mendukung pembuatan jalan usaha tani dengan menggunakan beton precast guna menunjang kelancaran akses petani yang ada di Desa Munggu dalam membawa hasil produksi pertaniannya.

Pada 2021, pihaknya berencana membangun jalan usaha tani selebar 2,5 meter dengan menggunakan beton precast dan akan memastikan kelestarian guna pengembangan pertanian berkelanjutan.

Baca juga: Pemkab Badung terus mendidik penerapan protokol kesehatan

"Di wilayah ini juga tidak boleh dilakukan pengembangan perumahan dan akses untuk perumahan juga tidak ada," ujar Bupati Giri Prasta

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020