RSU Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, kini memiliki poliklinik mata, yang pembukaannya diresmikan Bupati I Putu Artha.

"Setelah sebelumnya pembangunan enam gedung baru selesai, kini RSU Negara membuka poliklinik mata. Semoga bermanfaat untuk masyarakat," kata Artha, saat meresmikan beroperasinya poliklinik tersebut dengan didampingi Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan, di Negara, Senin.

Ia mengatakan, poliklinik yang berada di lantai dua gedung Instalasi Rawat Jalan tersebut melayani pemeriksaan, terapi, tindakan refraksi dan lensa kontak mata.

Selain itu, poliklinik ini juga melayani pemeriksaan vitreo retina, glaukoma, infeksi-imunology, okuloplastik-onkologi, pediatrik oftalmologi, strabismus, oftalmologi komunitas serta melayani surat keterangan buta warna.

Baca juga: Pemprov Bali tambah 1.025 tempat tidur pasien COVID di 55 RS

Di sisi lain ia mengatakan, RSU Negara sudah menerapkan sistem pendaftaran melalui aplikasi Hai Doc, yang bisa diunduh lewat telepon pintar.

"Masyarakat bisa mendaftar tiga hari sebelum datang berobat. Pembayaran juga bisa dilakukan dengan sistem non tunai yang bekerjasama dengan BPD Bali," katanya.

Menurutnya, peningkatan kapasitas dan pelayanan di RSU Negara merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah, termasuk meningkatkan kapasitas SDM melalui peningkatan kompetensi tenaga medis.

Ia mengungkapkan, untuk mendukung ketersediaan tenaga spesialis, Pemkab Jembrana bekerjasama dengan Universitas Udayana, untuk menyekolahkan tenaga dokter umum menempuh pendidikan spesialis.

Baca juga: Empat rumah sakit milik Pemprov Bali terapkan QRIS di tengah pandemi COVID-19 (video)

Direktur RSU Negara dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata mengatakan, Poliklinik Mata merupakan salah satu upaya meningkatkan kapasitas pelayanan melalui fasilitas peningkatan kompetensi tenaga medis.

"Dengan dibukanya Poliklinik Mata secara ini, masyarakat Jembrana tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan pelayanan spesialis kesehatan mata. RSU Negara juga telah menerapkan sistem pendaftaran dan pembayaran online, yang akan memudahkan masyarakat. Selain itu tahun ini juga menyusul akan dibuka Poliklinik Kulit dan Poliklinik Kelamin," katanya.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020