Wakil Bupati Badung, Bali, I Ketut Suiasa meninjau serta memberikan motivasi kepada sejumlah warga terdampak COVID-19 yang saat ini menjalani karantina mandiri di rumahnya masing-masing di wilayah Banjar Badung Tengah, Desa Ayunan, Kecamatan Abiansemal, Badung.

"Apa yang kami lakukan ini merupakan wujud kepedulian Pemkab Badung terhadap warga kami yang sedang menjalani karantina mandiri," ujar Wabup Suiasa, Ahad.

Saat ini di wilayah tersebut, sebanyak tujuh KK dengan jumlah anggota keluarga 21 orang sedang menjalani karantina secara mandiri karena salah satu anggota keluarga tersebut positif COVID-19.

"Karantina ini dilakukan karena adanya salah satu warga yang dari hasil tes diketahui positif COVID-19. Ia juga sudah ditangani secara protokol oleh pihak medis dan sudah dikarantina di rumah singgah di wilayah Kuta," katanya.

Baca juga: Tim verifikasi 43 usaha pariwisata di Badung

Sedangkan 21 orang tersebut, menurut Wabup Suiasa menjalani karantina mandiri karena dari segi lingkungan mereka merupakan yang terdekat dengan warga yang terkena COVID-19 tersebut.

"Jadi ada tujuh KK yang sudah kami minta untuk melakukan isolasi mandiri. Tentu kehadiran kami disini untuk memotivasi, mendoakan mereka dan memberi semangat agar mereka tetap stabil kondisinya. Secara suasana kebatinan juga agar mereka tidak memiliki rasa ketakutan, kekhawatiran," ungkapnya.

Wabup Suiasa juga mengimbau kepada para keluarga tersebut untuk disiplin dalam menjalani isolasi mandiri serta memiliki rasa percaya diri, mempunyai keyakinan bahwa mereka tidak positif COVID-19 karena fikiran negatif menurutnya dapat merugikan mereka dari segi kesehatan.

Ia menambahkan masyarakat yang melakukan karantina mandiri tentunya memerlukan kebutuhan yang harus dipenuhi seperti kebutuhan pokok selama masa karantina itu.

Baca juga: Badung apresiasi layanan Mal Pelayanan Publik selama COVID-19

"Untuk itu kami juga memberikan bantuan sembako kepada warga yang sedang melakukan karantina. Mudah-mudahan bantuan yang kami berikan dapat meringankan beban mereka dan tidak lagi ada tekanan batin dalam memikirkan kebutuhannya setiap hari dan mereka dapat fokus memikirkan bagaimana agar tetap sehat selama menjalani masa karantina," ujar Wabup Suiasa.*

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020