Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Badung, Bali secara bertahap menanam 2.000 pohon cemara udang, sumbangan Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, di kawasan pariwisata Pantai Seminyak, Legian, dan Kuta.

"Saya mewakili masyarakat Badung menyampaikan terima kasih kepada Presiden kelima RI Ibu Megawati Soekarnoputri karena sudah menyumbangkan 2.000 pohon cemara udang bagi masyarakat Badung. Ini merupakan bukti bahwa Ibu Megawati sangat memperhatikan Bali dan Badung pada khususnya," ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat memimpin penanaman pohon secara simbolis di Pantai Seminyak, Badung, Jumat.

Ia mengatakan penanaman pohon di pinggir pantai merupakan wujud konsep segara kertih yaitu pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat pesisir dengan pohon cemara udang. Pohon itu mempunyai berbagai manfaat, seperti ekologis dan sarana upacara dalam agama Hindu.

Dia mengatakan keberadaan pohon cemara udang di sepanjang pantai memiliki fungsi yang strategis, sebagai benteng pelindung dari abrasi dan tsunami.

Baca juga: Polres Klungkung tanam mangrove di Pantai Lembongan

Hutan cemara udang juga tempat berkembang satwa yang peka dengan tanda-tanda tsunami.

"Tanaman ini mampu menahan tiupan angin kencang, hempasan gelombang laut, dan terpaan pasir yang bergulung di sepanjang pantai. Oleh karena itu, cemara udang sangat baik digunakan sebagai pemecah angin di kawasan pantai yang rentan terhadap bahaya angin kencang dan tsunami," katanya.

Setelah ditanam, ia berharap masyarakat setempat berpartisipasi dalam perawatan serta menjaga keberadaan pohon itu dengan baik.

Kepala DLHK Badung Wayan Puja mengatakan cemara udang jenis tanaman khas pantai yang potensial untuk rehabilitasi lahan dan konservasi tanah (RLKT) pantai berpasir.

Pohon berjenis tersebut, menurut dia, juga mampu menahan angin laut dan uap air laut yang mengandung garam sehingga mampu mendorong perbaikan lingkungan.

Selain untuk mitigasi tsunami, vegetasi hutan cemara udang juga baik untuk membuat lahan sekitar pantai menjadi produktif.

"Selain itu, tanaman ini juga dapat berfungsi sebagai peneduh dari sinar Matahari bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan Pantai Seminyak, Legian, dan Kuta," ujarnya.
 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020