Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto melepas satuan Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama ke wilayah Papua untuk melaksanakan tugas pengamanan selama sembilan bulan.

"Hari ini melepas satuan yang dipercayakan untuk melaksanakan tugas pengamanan perbatasan di wilayah Papua.  Upacara Pengantaran Satgas Pamtas Yonif Raider 900/SBW adalah bagian dari tradisi dalam memberikan dukungan kepada prajuritnya yang melaksanakan tugas dengan harapan mereka berangkat dengan penuh kehormatan dan kebanggaan hingga akhirnya lahir tanggung jawab pada diri mereka dalam melaksanakan tugas sebaik-baiknya,"kata Pangdam dalam keterangan pers yang diterima di Denpasar, Jumat.

Ia mengatakan setelah upacara pengantaran, akan dilanjutkan dengan pergeseran pasukan (serpas) menuju daerah penugasan. Ia berpesan agar pasukan dalam melaksanakan serpas dengan tertib, tetap menaati peraturan yang berlaku dan utamakan faktor keamanan selama dalam perjalanan dan setibanya di pos masing-masing.

Baca juga: Pangdam Udayana kunjungi dapur umum dan Posko COVID-19 Jembrana

"Sampai di sana, laksanakan serah terima dengan benar dan tanyakan apabila ada hal-hal yang belum dimengerti terutama yang berkaitan dengan tugas pokok baik kepada Komandan Pos lama maupun anggotanya sehingga dalam pelaksanaan tugas kedepan dapat berjalan dengan lancar dan aman," kata Pangdam saat berpesan kepada pasukan.

Pangdam menyarankan, selama sembilan bulan berada di Papua agar tetap terus mempelajari karakteristik medan, budaya, adat istiadat serta situasi dan kondisi daerah setempat. Jadi apabila terjadi sesuatu permasalahan yang tidak diinginkan dapat segera mengambil tindakan yang tidak bertentangan dengan HAM maupun adat istiadat dan norma yang berlaku.

Upacara pengantaran ini, merupakan bagian dari  tradisi sebagai bentuk dukungan oleh para unsur pimpinan kepada prajuritnya yang akan melaksanakan tugas.

Baca juga: Gubernur Bali minta Pangdam-Kapolda awasi isolasi Desa Abuan

Pihaknya berharap para prajuritnya berangkat bertugas dengan penuh kebanggaan dan kehormatan yang pada akhirnya akan lahir tanggungjawab untuk melaksanakan tugas dengan baik. 

"Mohon dukungan dan doa restunya dari seluruh masyarakat Bali, agar satuan kita ini dapat melaksanakan tugas dengan baik, sehingga akan menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Bali,"ucap Pangdam.
 

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020