Denpasar (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengajak warga Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) yang merupakan salah satu klan besar di Pulau Dewata untuk ikut berperan aktif mengentaskan kemiskinan.

"Di samping melaksanakan kegiatan tradisional spiritual, mari ikut membantu pemerintah untuk membuat program kerja bagi masyarakat miskin," kata Gubernur Pastika, di Denpasar, Minggu.

Saat menyampaikan sambutan pada pembukaan rapat paripurna (pesamuhan agung) dari warga  Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi itu, ia mengingatkan mereka untuk senantiasa mewujudkan kerukunan dan kedamaian.

"Saudara-saudara kita masih banyak yang miskin, yang sakit, dan yang bodoh. Supaya mereka bisa terangkat dari ketertinggalannya tersebut, membutuhkan peran kita semua," ujarnya.

Ia mengatakan, dalam ajaran Agama Hindu, proses hidup merupakan sebuah proses evolusi. Desa pakraman (desa adat), lembaga-lembaga sosial tradisional serta ikatan kekeluargaan (pasemetonan) berperan memberikan kontribusi.

Pada acara tersebut juga dilakukan penandatangan naskah kerja sama pendidikan calon pendeta dan pemimpin Hindu yang dilakukan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat MGPSSR Prof DR dr I Wayan Wita dengan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Bali Dr I Gusti Ngurah Sudiana dan Rektor IHDN Prof Dr I Made Titib disaksikan oleh Gubernur Bali.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011