Hasil survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kabupaten Badung, Bali terkait dengan pelayanan publik yang meningkat menunjukkan kinerja pelayanan oleh perangkat daerah setempat semakin baik, kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Badung, I Wayan Suambara.

"Dari survei yang kami lakukan, IKM terhadap pelayanan yang dilakukan oleh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Badung mengalami peningkatan dengan nilai 83,61," ujarnya di Mangupura, Kabupaten Badung, Selasa.

Ia menjelaskan survei IKM, khususnya terkait dengan pelayanan publik yang dilakukan oleh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Badung, telah menjadi agenda tahunan pemkab setempat.

Pada tahun ini, survei dilakukan oleh Badan Litbang bekerja sama dengan Universitas Warmadewa Bali. Hasil survei yang sudah dilakukan dan secara terbuka telah disampaikan tim Universitas Warmadewa terdapat peningkatan dibandingkan dengan dari tahun sebelumnya.

Pada 2017, nilai rata-rata kepuasan masyarakat berada pada angka 79,73 dan survei yang dilaksanakan pada 2019 untuk mengukur IKM pada 2018 mengalami peningkatan menjadi 83,61.

Menurut dia, peningkatan itu menggambarkan adanya peningkatan perilaku pelayanan publik yang dilakukan oleh perangkat daerah kepada masyarakat.

"Jadi survei ini respondennya adalah masyarakat umum yang mencari pelayanan-pelayanan pada perangkat daerah di Pemkab Badung dan semua perangkat daerah sebagian besar memperoleh nilai yang baik dan 50 persen memperoleh klasifikasi A dengan mutu pelayanan sangat baik," kata Suambara.

Baca juga: Kemenpan tinjau mal pelayanan publik Badung

Sekretaris Daerah Pemkab Badung I Wayan Adi Arnawa memberikan apresiasi kepada tim yang telah melakukan survei secara objektif.

Dari hasil survei yang dijelaskan oleh tim itu, menurut dia, sudah ada peningkatan, baik IKM, kinerja pelayanan, maupun mutu pelayanan di Badung.

Ia juga melihat hasil survei tersebut secara kuantitatif bahwa sudah ada peningkatan kinerja di jajaran Pemerintahan Kabupaten Badung.

"Tentunya ini harus terus dijaga kualitas pelayanan jangan sampai apa yang sudah diperoleh saat ini menjadi menurun di tahun mendatang," kata dia.

Baca juga: Gubernur minta sistem pengaduan pelayanan publik terpadu se-Bali

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019