Denpasar (Antara Bali) - Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra mengharapkan kegiatan "Pesona Pulau Serangan Ke-3", yang berlangsung 25-27 November 2011, akan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.

"Kami berharap kegiatan yang kini memasuki tahun ketiga ini bisa ditingkatkan, agar tidak terkesan monoton," kata Wali Kota Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra di Pulau Serangan, Denpasar Selatan, Jumat.

Disebutkan bahwa potensi Pulau Serangan perlu diberdayakan, mengingat mata pencaharian utama warganya hanya sebagai nelayan.

Menurut Rai Mantra, warga nelayan di pulau yang dikenal dengan sebutan "pulau penyu" itu, juga terus melakukan upaya pelestarian terhadap satwa purba yang masih tersisa.

"Kami berharap langkah ini akan bisa menarik perhatian wisatawan agar lebih banyak lagi yang berkunjung ke Pulau Serangan," ucapnya.

Ketua panitia kegiatan, Ketut Bagi mengatakan, pihaknya menggelar berbagai acara, seperti lomba olahraga di laut atau "kantih", lomba jukung (perahu) tradisional, pameran produk dan sajian kuliner.

Untuk menyukseskan tujuan kegiatan tersebut, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Denpasar Anak Agung Bagus Sudarsana memilih tema, penguatan potensi Pulau Serangan dari tiga sisi, yaitu ekologi, edukasi dan ekonomi.

"Kami berharap potensi besar masyarakat Pulau Serangan yang masih terpendam akan dapat diangkat secara maksimal dengana upaya membangkitkan perekonomian warga," katanya.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011