Wakil Bupati Badung, Bali, I Ketut Suiasa, mengajak seluruh masyarakat dan generasi penerus untuk menanamkan nilai-nilai perjuangan pada peristiwa Puputan Badung, guna menghadapi berbagai tantangan dalam perkembangan zaman.

"Nilai-nilai patriotik tersebut harus selalu mendasari perjuangan kami semua dalam menghadapi penjajahan zaman sekarang dan berbagai masalah sosial serta tantangan globalisasi yang semakin kompleks," ujarnya saat Upacara Peringatan Hari Puputan Badung ke-113 di Pusat Pemerintahan Badung, Jumat.

Ia mengatakan, upacara peringatan itu tidak hanya mencerminkan rasa bhakti kepada para pendahulu, tetapi juga merupakan tanggung jawab yang harus dilakukan sebagai generasi penerus untuk melanjutkan pembangunan bangsa yang diwarisi.

"Peristiwa Puputan Badung yang terjadi 113 tahun yang lalu itu rekaman dan kisah perjuangannya tetap akan melekat di hati masyarakat khususnya di Badung dalam konteks kekinian," katanya.

Baca juga: Badung terapkan sanksi administratif untuk Perbup Pengurangan Plastik

Lebih lanjut ia menjelaskan, peringatan Puputan Badung pada tahun ini sangat relevan dalam upaya Pemkab Badung dalam memantapkan arah pembangunan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang tidak hanya cerdas, tangguh dan andal.

Dengan karakter kepribadian yang luhur berdasarkan nilai-nilai pancasila dan kepribadian bangsa serta dengan semangat dan tekad untuk maju melalui kerja keras, kerja cerdas, ikhlas dan tuntas diharapkan apa yang menjadi tujuan pembangunan akan dapat tercapai.

"Makna filosofis semangat puputan harus diimplementasikan di berbagai sektor dalam kehidupan keseharian melalui semangat hidup bergotong royong sebagai karakter khas masyarakat Badung dalam membangun persatuan di tengah keberagaman," kata Wabup Suiasa.

Pada momentum peringatan Puputan Badung itu, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada kontingen Badung yang telah mempertahankan juara umum pada Porprov Bali XIV 2019 untuk ke delapan kali berturut-turut.

Baca juga: Badung raih "juara umum" Porprov Bali 2019

"Kami memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada kontingen Badung, pelatih dan atlet atas dedikasi dan perjuangannya, dengan semangat dan jiwa puputan yang diimplementasikan para atlet akhirnya jiwa puputan itulah yang mengantarkan Badung menjadi juara Porprov," kata Wabup Suiasa.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019