Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, kembali menyerahkan dana hibah untuk Pemkab Gianyar sebesar Rp12 miliar, setelah sebelumnya pada bulan April 2019 juga sudah menyerahkan dana hibah sebesar Rp18 miliar.

"Penyerahan dana hibah ini merupakan wujud program Badung Angelus Bhuana yang bermakna Badung Berbagi dari Badung untuk Bali," ujar Bupati Badunh, I Nyoman Giri Prasta, di Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Rabu.

Menurutnya, Pemkab Badung sejak awal telah memiliki komitmen untuk meringankan beban masyarakat masyarakat dan umat dalam melestarikan serta menjaga, adat, tradisi, seni dan budaya Bali.

"Kebijakan politik anggaran saya bersama Bupati Gianyar yang sudah mengadakan kesepakatan dengan penandatanganan nota kesepahaman, dimana Badung memberikan hibah untuk Kabupaten Gianyar sekitar Rp30 miliar dan dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama Rp18 miliar dan sekarang berlanjut ke tahap kedua sebesar Rp12 miliar," katanya.

Bantuan hibah itu diberikan dalam rangka meringankan beban masyarakat. Tidak saja masyarakat di Kabupaten Badung, melainkan Bali secara umum.

"Mari bersama-bersama kedepannya bersatu membangun Bali ini, karena dengan bersatu setengah perjuangan akan berhasil. Tetapi sebaliknya jika tidak bersatu setengah perjuangan akan gagal. Untuk mencapai keberhasilan maka masyarakat diharapkan untuk bersatu," kata Bupati Giri Prasta.

Ia menambahkan, pihaknya memiliki konsep "One Island One Management" dengan Satu Pola Satu Tata Kelola, Satu Pulau Satu Wawasan. "Karena itu saya mengajak masyarakat beserta tokoh-tokoh untuk ikut membangun, menjaga dan melestarikan Pulau Dewata yang kami cintai ini di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Bupati Badung serahkan hibah Rp2 miliar untuk pura

Pada kesempatan itu, kehadiran rombongan jajaran Pemkab Badung Bupati untuk menyerahkan hibah disambut antusias oleh masyarakat Gianyar dengan penyambutan Tari Anoman, Tari Baris Tumbak, Tari Kecak, dan Tari Pendet.

Bupati Giri Prasta yang didampingi Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa, langsung disambut oleh jajaran Pemkab Gianyar diantaranya, Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun, Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya, serta Ketua DPRD Kabupaten Gianyar I Wayan Tagel Winarta serta sejumlah tokoh masyarakat Gianyar.

Wakil Bupati Gianyar, AA Gde Mayun, mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemkab Badung yang telah melanjutkan pemberian bantuan hibah tahap kedua.

"Mewakili Pemkab Gianyar dan segenap masyarakat Gianyar kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya berupa dana hibah untuk membangun Kabupaten Gianyar dari Badung,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab Buleleng terima hibah sistem penyediaan air minum dari PUPR

Ia berjanji akan mengawasi penuh penggunaan bantuan itu sehingga pemanfaatnya benar-benar dapat dipertanggungjawabkan dan tidak menimbulkan masalah nantinya.

"Bantuan hibah tahap kedua ini akan dialokasikan untuk pembangunan Bale Banjar dan Wantilan di Kecamatan Sukawati, Ubud, Blahbatuh dan Gianyar dengan jumlah 18 unit bangunan Bale Banjar dan Wantilan. Dengan adanya bantuan ini, masyarakat kami sangat merasa terbantu di bidang pembangunan," katanya.

Baca juga: Wabup Badung terima hibah dari Kementerian PUPR

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019