Denpasar (Antara Bali) - Pulau Bali memberikan inspirasi kepada Ketua Program Studi Pemandu Wisata Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar Dr I Ketut Sumadi untuk mengekspresikan suara hatinya dalam menyikapi berbagai fenomena alam.

"Selain itu juga Bali terus menumbuhkembangkan tradisi, agama dan budaya dalam masyarakat," katanya di Denpasar, Jumat.

Alumnus program magister Kajian Budaya Universitas Udayana sebagai penulis buku buku berjudul  "Tuhan di Sarang Narkoba, Weda di Ruang Tamu" itu mengaku memperoleh banyak inspirasi merefleksikan keprihatinan tentang realitas Bali ke depan.

Hal itu didasarkan atas Bali menjadi destinasi wisata yang dikunjungi lebih dari satu juta turis setiap tahunnya sehingga semakin derasnya arus globalisasi, kompleksitas problem kehidupan orang Bali yang bertahan dengan falsafah "Ttri Hita karana", yakni keharmonisan sesama umat manusia, lingkungan dan Tuhan Yang Maha Esa.

"Saya mengapresiasi kompleksitas fenomena itu, khususnya religiusitas dengan harapan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas,  pelaku pariwisata budaya, pelajar dan semua pihak sebagai tuntunan awal dalam memahami lebih mendalam tentang  fenomena keagamaan, tradisi, dan budaya yang menjadi nafas hidup orang Bali," katanya.(**)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011