Blibli.com, salah satu toko online Indonesia, membantu produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bali untuk memasuki pasar daring (online), setelah ditandatanganinya MOU kerja sama antara ICSB Bali dengan BliBli.com.

"Kami akan membantu proses edukasi dan asistensi UMKM Bali untuk memasarkan produknya secara online, dengan cara hadir di sentra UMKM Bali. Membantu para pelaku usaha membuka toko online, cara menampilkan produk, dan memasarkan produknya di Blibli.com," kata SVP Merchant Sales, Operation & Development Blibli.com, Geoffrey Lew Darmawan (Geoff), di Gianyar, Sabtu.

Geoff mengatakan hal itu setelah penandatanganan MOU Kerja sama antara ICSB Bali dengan BliBli.com di Museum Puri Lukisan, di Ubud, kabupaten Gianyar.

Penandatanganan dilakukan oleh Geoffrey Lew Darmawan (Geoff) selaku SVP Merchant Sales, Operation & Development Blibli.com bersama Ketua Koordinator Wilayah ICSB Bali, tjokorda Gede Bayuputra Sukawati disaksikan oleh Tjokorda Gde Putra A.A. Sukawati alias Cok Putra, ketua Dekranasda Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra dan Hermawan Kartajaya, Ketua ICSB (International Council for Small Business) Indonesia.

“Blibli.com akan membantu memasarkan produk UMKM asal Bali di kategori Galeri Indonesia. Produk lokal karya UMKM di Bali akan mendapat kesempatan lebih luas menjangkau pasar di seluruh Indonesia,” katanya.

Kehadiran Ketua Dekranasda Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra karena setelah kerjasama ini nantinya akan ditindaklanjuti dengan kerjasama strategis antara Blibli.com dengan Pemerintah Kabupaten Gianyar. Blibli.com akan membantu, mengedukasi dan memasarkan produk UMKM Gianyar melalui kanal khusus Dekranasda Gianyar.

Ketua Dekranasda Gianyar, Ibu Ida Ayu Surta Andyani Mahayastra menyambut baik inisiatif ini dan mengharapkan kerjasama ini dapat segera terjadi dalam waktu dekat.

Kategori Galeri Indonesia merupakan kanal dikhususkan untuk menjual produk lokal karya UMKM. Kategori ini ditujukan agar pelaku usaha lokal dapat menjangkau pasar di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan Blibli.com seperti pengiriman cepat dan bebas ongkir, jaminan keamanan pembayaran yang didukung pilihan Cicilan 0 persen atau Cicilan Tanpa Kartu Kredit, produk dijamin 100 persen orisinil, pelayanan beroperasi selama 24 jam, dan jaminan pengembalian barang selama 15 hari,.

Sebelum penandatanganan kerja sama itu, puluhan UMKM di Gianyar menerima pelatihan dari pakar dan konsultan pemasaran terkenal, Hermawan Kartajaya.

“Pemasaran menggunakan online memang sangat efektif dan meningkatkan pemasaran dalam jumlah besar dan cepat karena mengefisienkan pembeli dan penjual. Namun untuk berhasil pemasaran online itu tidak semudah membalikan tangan. Perlu ada perubahan budaya kerja dan budaya pemasaran,” kata Hermawan.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019