Denpasar (Antaranews Bali) - Rektor Institut Seni Indonesia Denpasar Prof Dr I Gede Arya Sugiartha mengharapkan Gubernur Bali Wayan Koster yang telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo, agar memiliki komitmen dalam pengembangan seni dan budaya di Pulau Dewata.

"Saya berharap dan punya keyakinan Pak Koster memiliki komitmen yang tinggi terhadap pengembangan seni budaya karena saya cukup pernah bergaul dengan Beliau, jadi saya tahu cara-cara yang dimiliki untuk pengembangan seni," kata Prof Arya Sugiartha, di Denpasar, Kamis.

Menurut guru besar bidang seni dan budaya itu, sebelum Wayan Koster memutuskan maju sebagai Calon Gubernur Bali, juga telah terbukti membantu para seniman dan sanggar-sanggar yang kebetulan juga dikelola alumni ISI Denpasar.

"Gubernur Bali Made Mangku Pastika selama Beliau menjabat sudah bekerja banyak untuk pengembangan seni dan budaya di Pulau Dewata, mulai dari peningkatan kapasitas pelaksanaan Pesta Kesenian Bali, hingga penambahan kegiatan Bali Mandara Nawanatya dan Bali Mandara Mahalango," ujarnya.

Selain itu, juga telah meningkatkan kerja sama dengan ISI Denpasar dan pihaknya dilibatkan untuk turut mengelola Taman Budaya Provinsi Bali. "Harapan kami, program yang sudah ada itu sekarang amat cukup, syukur kalau ditambah menjadi? lebih bagus lagi oleh Gubernur dan Wagub Bali yang baru," ujarnya.

Prof Arya menambahkan, meskipun Koster sebagai Gubernur Bali untuk lima tahun ke depan menggunakan cara dan gaya kepemimpinan yang mungkin berbeda dengan gubernur terdahulu terkait pengembangan bidang seni, hal tersebut tidak menjadi masalah. Yang penting konsentrasinya terhadap seni budaya bisa seperti gubernur sebelumnya.

Rektor ISI Denpasar ini melihat dengan sejumlah program pengembangan seni budaya yang diprakarsai pemerintah provinsi setempat selama ini juga telah membuka peluang kerja bagi mahasiswa dan alumni ISI Denpasar.

"Dengan kegiatan seni ditambah, secara otomatis mereka punya pekerjaan juga, sehingga alumni ISI tidak perlu ke sana-kemari membawa map," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor beserta segenap civitas akademika ISI Denpasar juga mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Gubernur Bali Wayan Koster dan Wakil Gubernur Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati oleh Presiden Joko Widodo pada 5 September 2018 di Istana Negara.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018