Mangupura (Antaranews Bali) - Suasana arus mudik di Terminal Tipe A, Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Jumat, terpantau lengang dari keberangkatan para pemudik yang hendak pulang ke kampung halaman menjelang Hari Raya Lebaran 2018.

Dari data petugas pos Terminal Tipe A, Mengwi, tercatat baru 13 armada bus AKAP yang berangkat dengan tujuan ke Pulau Jawa dan Mataram, Lombok sejak Pukul 07.00 Wita hingga Pukul 14.00 Wita.

"Untuk keberangkatan baru 13 bus dengan jumlah penumpang 281 orang pemudik tujuan ke berbagai daerah di Pulau Jawa antara Semarang, Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan Mataram," ujar Adriyanta salah satu petugas Pos Pelayanan di Terminal Mengwi.

Ia mengatakan, pihak perusahaan otobus (PO) di Bali melaporkan jumlah keberangkatan arus mudik akan membludak pada 11-13 Juni 2018 (H-4 dan H-3) Jelang Lebaran dengan tujuan ke Pulau Jawa.

"Hal ini dikatakan pihak PO yang melayani pemudik di Terminal Mengwi yang mengaku tiket untuk tanggal 11-13 Juni sudah terjual habis," katanya.

Jumlah keberangkatan arus mudik Lembar di Terminal Tipe A Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, berbanding arus balik dengan jumlah kedatangan bus AKAP dan penumpang yang datang ke Bali dari seluruh daerah di Pulau Jawa.

Berdasarkan data petugas, jumlah kedatangan sejak Pukul 07.00 Wita hingga Pukul 14.00 Wita, sebanyak 59 bus yang tiba di Terminal Mengwi dengan jumlah penumpang seluruhnya mencapai 519 orang, dimana kedatangan penumpang di Terminal Mengwi ini berasal dari Yogyakarta, Semarang, Jember dan Surabaya.

Suasana lenggang di Terminal Tipe A, Mengwi, memang masih lenggang karena pada umumnya bus AKAP akan memberangkatkan penumpangnya pada Pukul 15.00 Wita hingga Pukul 18.00 Wita.

Pantauan Antara di lapangan, terlihat jumlah keberangkatan pemudik di Terminal Mengwi belum terlihat tanda-tanda ramai, namun pihak petugas di Pos Pelayanan Terminal setempat sudah sangat siap melayani para masyarakat yang ingin melakukan mudik ke kampung halaman.

Terlihat sejumlah petugas terminal dibantu anggota TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, PMI, Pemadam Kebakaran dan Dinas Kesehatan sudah siaga untuk membantu para pemudik. (WDY)

Pewarta: I Made Surya

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018