Tabanan (Antaranews Bali) - Masyarakat Desa Adat Batuaji Kawan, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali berhasil membangun sebuah gedung tempat penyimpanan benda-benda sakral di Pura Puseh setempat dengan biaya sebesar Rp Rp50 juta.

Kegiatan ritual pemelaspasan (peresmian) secara adat gedung tersebut dihadiri Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan ketua DPRD setempat I Ketut Suryadi, Camat Kerambitan I Gede Sukanada dan ratusan masyarakat setempat dalam persembahyangan bersama, Sabtu malam.

Kegiatan ritual "pemelaspasan" tersebut diawali dengan penampilan tari rejang renteng yang dibawakan oleh puluhan ibu-ibu anggota PKK setempat.

Bendesa Adat Batuaji Kawan I Gusti Wayan Suarya melaporkan, bangunan suci di Pura Puseh tersebut dibangun masyarakat secara swadaya menghabiskan dana puluhan juta rupiah.

Keberhasilan merampungkan pembangunan fisik tersebut berkat kebersamaan dan gotong royong masyarakat, termasuk rangkaian kegiatan ritual pemelaspalan yang melibatkan seluruh masyarakat setempat.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengaku bangga atas semangat dan kekompakan warga masyarakat Kerambitan dalam melaksanakan pembangunan fisik dan rangkaian kegiatan ritual pengorbanan suci.

"Saya bangga melihat semangat dan kebersamaan warga dalam setiap melaksanakan pembangunan maupun kegiatan ritual yadnya. Ini harus terus dijaga agar pembangunan dapat berjalan dengan baik, sehingga apa yang menjadi Visi kita yakni Tabanan Sejahtera, aman dan berprestasi bisa terwujud," ujar Bupati Eka.

Kebersamaan membangun tempat suci itu mampu menumbuhkan rasa bakti krama terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta mempererat hubungan sesuai Tri Hita Karana sehingga keajegan budaya Bali tetap terjaga.

Bupati Eka mengajak masyarakat bersinergi dengan pemerintah untuk berkomitmen membangun Tabanan kearah yang lebih baik dan mengutamakan kepentingan umum di atas segala-galanya.

Dengan kebersamaan itu ke depan diharapkan akan menikmati keberhasilan. Bupati Eka juga mengingatkan kepada masyarakat untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi sehingga permasalahan yang timbul dapat diatasi. (*)

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018