Tabanan (Antara Bali) - Kodam IX/Udayana menanam seribu bibit pohon berbagai jenis di areal Pura Luhur Batu Lumbung di Kabupaten Tabanan, Bali, sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup memperingati Hari Juang Kartika 2017.

"Kami berharap upaya ini meringankan beban pemerintah daerah dan masyarakat dalam menangani masalah lingkungan," kata Pangdam IX/Udayana dalam sambutan yang disampaikan Asisten Teritorial Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Kadek Subawa di Penebel, Kabupaten Tabanan, Jumat.

Menurut Subawa, seribu bibit pohon yang ditanam itu di antaranya pohon kelapa, kayu putih, cendana, manggis dan trembesi.

Kodam Udayana mengerahkan ribuan personel baik militer maupun pegawai negeri sipil untuk melaksanakan kegiatan pembesihan dan penanaman pohon di areal pura terebut.

Pura Batu Lumbung yang berada di Banjar Soka, Desa Senganan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan yang disungsung oleh sekitar 200 kepala keluarga dari wilayah setempat.

Di sekitar kawasan pura, mengalir Sungai Yeh Ho yang dijadikan sumber utama pengairan persawahan oleh sekitar 10 "subak" atau sistem irigasi pertanian tradisional yang ada di Kecamatan Penebel.

Wakil Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya mengapresiasi karya bhakti Kodam IX/ Udayana yang menunjukkan kemanunggalan antara TNI dan masyarakat.

"Ini sekaligus sebagai momentum yang tepat untuk meningkatkan budaya gotong-royong sebagai implementasi semangat juang para pahlawan," ucapnya.

Kegiatan bersih-bersih lingkungan dan penanaman pohon juga diikuti pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Tabanan, Polsek Penebel, Pramuka, anak-anak sekolah dan tokoh agama dan adat serta masyarakat desa setempat. (*)

Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017