Mangupura (Antara Bali) - Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta, meminta pemuda untuk meneruskan semangat "Puputan Badung" demi mewujudkan pembangunan bangsa lebih baik ke depannya.

"Memperingati HUT ke-111 Puputan Badung, kami mengingatkan kepada pemuda agar bergandengan tangan untuk mempertahankan, mengisi dan melanjutkan pembangunan bangsa, sebagai maha karya yang tiada tanding dan banding dari pendahulu," ujarnya di Mangupura, Kamis.

Dalam konteks kekinian, lanjut Giri Prasta, nilai-nilai patriotik harus ditanamkan generasi muda adalah mendukung aparat penegak hukum memberantas kriminalitas seperti pemberantasan narkotika, menekan angka kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan, karena tantangan globalisasi saat ini semakin kompleks.

Mantan Ketua DPRD Badung ini juga mengatakan Peringatan HUT ke-111 Puputan Badung dapat dijadikan momentum untuk mengenang sekaligus melestarikan nilai-nilai dan jiwa kepahlawanan para pejuang terdahulu.

"Peringatan ini tidak hanya mencerminkan rasa bakti kita kepada para pendahulu, tetapi sekaligus tanggung jawab kita sebagai generasi penerus bangsa," ujarnya.

Kegiatan itu, juga dirangkai dengan pengukuhan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Desa/Kelurahan se-Kabupaten Badung, sebanyak 1.953 dari 62 Kepala Satlinmas Desa/Kelurahan.

Acaranya mengangkat tema "Dengan Spirit Puputan Badung Satlinmas Bangkit, Kerja Bersama dan Bergerak Mewujudkan Rasa Aman dan Nyaman Menuju Kemandirian Desa/Kelurahan Badung yang Santhi dan Jagadhita".

Hal ini dinilai sangat relevan dalam memantapkan rasa pengabdian tanpa pamrih kepada nusa dan bangsa dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan untuk kesehajeteraan masyarakat Badung.

"Filosofis semangat puputan harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari melalui semangat hidup bermasyarakat. Sebagai karakter khas masyarakat Badung, membangun persatuan di tengah keberagaman," ujar Pria asal Desa Plaga ini.

Kegiatan pengukuhan ini merupakan wujud pengakuan Pemerintah Kabupaten Badung bahwa keberadaan Satlinmas yang dikoordinasikan oleh Satpol PP Badung betul-betul mengabdi kepada masyarakat.

Keseriusan pemerintah akan terus dikembangkan dalam memperkuat Satlinmas, namun harus didukung segenap lapisan masyarakat guna mewujudkan manajemen keamanan dan ketertiban yang mantap, efektif, efisien, akurat dan akuntabel," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Badung, I.G.A Surya Negara mengharapkan, peran pemuda dan Satlinmas dapat melestarikan nilai-nilai dan jiwa kepahlawanan para pejuang.

"Pemuda dapat meningkatkan jiwa `korsa` dan semangat anggota Satlinmas dalam melaksanakan tupoksi perlindungan masyarakat, terutama membantu upaya pertahanan negara," katanya. (*)

Pewarta: I Made Surya

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017