Denpasar (Antara Bali) - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, mengatakan Perda Pengolahan Sapi Bali nantinya akan mewajibkan restoran dan hotel untuk menggunakan daging sapi lokal dengan ketentuan persentase dari total kebutuhan daging tersebut.

"Restoran dan hotel pasti akan memerhatikan adanya perda tersebut untuk menggunakan daging Sapi Bali sesuai kebutuhan," katanya di sela menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPRD Bali di Denpasar, Rabu.

Menurut Cok Artha Ardana yang akrab dipanggil Cok Ace, pihaknya tidak bisa memaksakan menggunakan daging Sapi Bali, karena semua tergantung keinginan pasar.

Ia mengaku memiliki "spirit" yang sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Bali agar daging Sapi Bali bisa diserap oleh restoran dan hotel.

"Kami komitmen kepada pemerindah daerah dan kami juga akan mempromosikan daging Sapi Bali, sehingga penyerapan daging lokal ini akan lebih banyak ke depannya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Khusus (Pansus) Ranperda Pengelolaan Sapi Bali, Nyoman Parta, menyambut baik rencana "Indonesian Chef Association" (ICA) Bali untuk menaikkan persentase penyerapan daging Sapi Bali hingga 30 persen, sambil melakukan pembenahan untuk meningkatkan kualitas daging sapi tersebut.

"Kami menyambut baik adanya keinginan dari ICA agar restoran dan hotel di Pulau Dewata meningkatkan penyerapan daging Sapi Bali hingga 30 persen," ujar politikus PDIP.

Menurut dia, pertumbuhan sektor pariwisata di Bali harus juga mampu memberi dampak kepada warga setempat, yang salah satunya menyerap produk-produk lokal untuk kebutuhan di restoran dan hotel itu.

"Begitu juga hasil dari produk lokal juga harus terus ditingkatkan dengan perbaikan kualitas, termasuk juga dalam produk daging Sapi Bali, kualitas harus ditingkatkan dengan cara melakukan perbaikan pada pemeliharan, pakan, termasuk juga kandangnya, agar tetap sehat," ucapnya.

Parta meminta pihak hotel dan restoran untuk mempromosikan daging Sapi Bali kepada wisatawan yang berkunjung ke restoran atau hotel mereka menginap.

"Sapi Bali memiliki lima keunggulan. Khusus untuk restoran dan hotel, harus mempromosikan bahwa daging Sapi Bali itu berkualitas," kata Parta. ***3***

(T.I020/B/E011/E011) 06-09-2017 20:32:54

Pewarta: Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017