Mangupura (Antara Bali) - PT Tirta Investama Aqua Mambal melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, dalam upaya pendampingan kepada Kelompok Tani Mambal Lestari dan Subak Mambal.

"Kami melakukan kerja sama (MoU) dengan Pemkab Badung sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar," kata Kepala Pabrik AQUA Mambal, Forcy Tjandra, setelah melakukan penandatanganan dalam Festival Budaya Pertanian ke-6, di Desa Plaga, Kecamatan Petang, Sabtu.

Bentuk kerja sama dengan Kelompok Tani Mambal Lestari berupa pembelian beras sehat dan melakukan pendampingan pertanian sehat dan ramah lingkungan di Subak Mambal, sebagai komitmen Aqua kepada petani. Untuk pelaksanaannya ditangani Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung.

"Kami tidak hanya ingin meraih sukses dibidang ekonomi, namun berkomitmen dalam memberikan kontribusi sosial masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan. Kami juga merangkul pemangku kepentingan yang terlibat," katanya.

Program CSR Aqua Mambal ini sebagai wujud pendekatan, pengelolaan dan perlindungan sumber daya air dan pemberdayaan masyarakat dari area hulu, tengah hingga hilir.

"Kami juga melakukan penandatanganan berita acara komitmen bersama antara Aqua Mambal dengan Subak Mambal untuk pelaksanaan program pendampingan pertanian sehat dan ramah lingkungan di Subak Mambal," ujar Forcy.

Saat ini, Aqua sudah memfasilitasi pendampingan dan bantuan kepada 133 petani dari 416 anggota petani Subak Mambal yang tergabung dalam kelompok Tani Mambal Lestari dengan luasan lahan 38,24 hektare dari 185 hektare luasan lahan di Subak Mambal.

"Untuk mengolah lahan secara sehat dan ramah lingkungan, upaya pendampingan tahun ini kami lakukan bersama Perkumpulan Janma yang lebih mengarah kepada pengembangan aspek jaringan pasar dengan menghasilkan produk sehat yang dihasilkan petani melalui Koperasi Tani Mambal Lestari yang telah terbentuk," katanya.

Ia mengharapkan, dengan tersedianya jaringan pasar petani lebih termotivasi untuk mengolah lahannya secara sehat dan ramah lingkungan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung, I.G.A.K Sudaratmaja mngucapkan, terima kasih kepada Aqua Mambal yang telah melakukan pendampingan kepada masyarakat, khususnya petani Subak Mambal dan anak anak di Banjar Jempanang.

Selain itu, Aqua juga menyerahkan beasiswa insentif pohon 2017 kepada enam anak dari Banjar Jempanang, Desa Belok Sidan. (WDY)

Video oleh I Made Surya


Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Made Surya


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017