Berita Terkait

Denpasar (Antara Bali) - Pelaksanaan misa Natal di sejumlah gereja di Denpasar, Kamis berjalan lancar dan dalam penjagaan petugas keamanan, baik dari kepolisian, TNI, pecalang, maupun keamanan dari gereja.

Setiap umat yang akan masuk ke gereja diperiksa secara teliti oleh petugas yang berjaga satu persatu menggunakan pendeteksi logam dan harus melewati pintu pengamanan.

Seperti yang terlihat saat pelaksanaan misa di Gereja Katolik Katedral, Jalan Tukad Musi Denpasar. Ribuan umat tetap khidmat mendengarkan khotbah yang disampaikan Uskup Mgr Sylvester San.

Dalam khotbahnya, Uskup Sylvester mengatakan bahwa sebagai umat yang hidup bermasyarakat, hendaknya harus memiliki solidaritas sosial yang tinggi di tengah kondisi perekonomian yang lemah.

"Saling memberikan penguatan satu sama lain tanpa memandang sekat agama, suku, ras, dan perbedaan yang membuat jurang pemisah satu dengan yang lainnya," kata dia.

Misa pertama dimulai pukul 18.00-20.30 Wita lalu dilanjutkan misa kedua pukul 22.00-24.00 Wita. Sebelum jemaat misa pertama selesai keluar, umat pada misa kedua tak diperbolehkan masuk. Sementara jadwal misa, Jumat akan dimulai pukul 07.00 dan 09.00.

Sementara misa di Gereja Bethel Indonesia Lembah Pujian Rock Ministry yang dihadiri sekitar 3.000 jemaat dimulai pukul 18.30-21.30 Wita dihadiri Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Hotmangaradja Pandjaitan.

Acara diawali dengan puji-pujian, drumband, hip hop, dan film pendek durasi 20 menit.

Khotbah disampaikan Pendeta Timotius Arifin Tejasukmana yang mengambil tema tentang janji Tuhan. Pendeta Arifin menyampaikan Bahwa Yesus sudah ada sejak zaman dulu, mulai dari Abraham, Musa, Daud, dan Yesus yang menggenapi janji Tuhan itu.

Yesus adalah raja yang menguasai di muka bumi ini dan Allah yang besar ini bisa memberikan hidupnya serta mengasihi manusia.

"Seharusnya manusia tidak pantas untuk menyombongkan diri. Yesus telah membuat manusia dari yang tidak berarti menjadi berarti. Manusia lebih berarti dari bintang dan galaksi yang ada," jelas dia.

Kepala Bidang Humas Polda Bali Komisaris Besar Polisi Gde Sugianyar mengatakan, sampai saat ini misa lancar. "Semoga semuanya berjalan sesuai dengan yang kita harapkan bersama," kata Sugianyar. (*)

Editor: Masuki
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarabali.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar