Selasa, 27 Juni 2017

Wabup Gianyar Hadiri Upacara Melaspas di Pasar Yadnya Blahbatuh

| 5.276 Views
id Upacara Melaspas, pura melanting, Pasar Yadnya blahbatuh, pemkab gianyar
Wabup Gianyar Hadiri Upacara Melaspas di Pasar Yadnya Blahbatuh
Wabup Gianyar Made Mahayastra mengikuti persembahyangan saat Upacara Melaspas Mendem Pedagingan Lan Ngeresigana di Pura Melanting Pasar Yadnya, Desa Pakraman Blahbatuh Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. (Humas Pemkab Gianyar)
Gianyar (Antara Bali) - Pengempon Pura Melanting Pasar Yadnya, Desa Pakraman Blahbatuh Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, melaksanakan Upacara Melaspas Mendem Pedagingan Lan Ngeresigana, Soma Manis Tolu, (20/2).

Upacara dipuput Ida Peranda Istri Geria Purnawati Blahbatuh Gianyar. Dihadiri Wabup Gianyar Made Mahayastra, Camat Blahbatuh Ketut Nariana, Perbekel Blahbatuh Agung Udayana dan Para Kelihan Adat dan Dinas se--Desa Blahbatuh.
         
Menurut Ketua Panitia yang juga Bendesa Pakraman Desa Blahbatuh I Wayan Kantor melaporkan persiapan upacara Yadnya yang digelar telah dipersiapkan satu tahun sebelumnya, dengan tuntunan Bapak Bupati Gianyar dan Wabup Gianyar, agar apa yang direncanakan membuahkan hasil dengan semangat menyama braya ikhlas ngaturang yadnya.

"Pengempon Pura Melanting melaksanakan upacara yadnya untuk mengucapkan rasa syukur dan bhakti kehadapan Ida Bhatara agar dikarunia keselamatan lahir dan bathin," terang Wayan Kantor. Ditambahkannya, pengempon Pura Melanting Pasar Yadnya Blahbatuh berjumlah 1600 KK, yang terdiri dari 8 banjar. Semuanya sangat bhakti dan ikhlas ngaturan ayah-ayahan dalam melaksanakan yadnya.

Wakil Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra mengajak semua pedagang dan pengempon Pura Melanting Pasar Yadnya, untuk ikhlas dan Bhakti ngemargiang Bhakti Marga Yoga, karena sikap yang ikhlas itu akan mengantarkan kedamaian terhadap pemujanya.

Wabup Mahayastra, berpesan agar kedepannya Pasar Yadnya Blahbatuh dipromosikan lewat media cetak dan elektronik, sehingga keberadaanya semakin dikenal.

"Saya harapkan pengelola membuat promosi yang baik, misalkan menceritakan tentang perjalanan sepasang keluarga untuk sembahyang ke Pura besakih, karena sibuk waktunya terbatas, bukan hambatan untuk tangkil, solusinya  Pasar Yadnya Blahbatuh, tolong dikemas dengan baik, buatkan iklan dilengkapi dengan peran yang manis dan cantik pasti terkenal," ujar Wabub Mahayastra diiringi tepuk tangan para undangan dan  pemedek. (*)

Editor: I Gusti Bagus Widyantara

COPYRIGHT © ANTARA 2017