Undiksha Mendorong Penguatan Nilai Kebangsaan Dalam Pendidikan (Video)

Undiksha Mendorong Penguatan Nilai Kebangsaan Dalam Pendidikan (Video)

Wakil Rektor I Undiksha Prof Dr Ida Bagus Arnyana MSi, ketika membuka seminar penguatan nilai kebangsaan melibatkan ribuan mahasiswa perguruan tinggi setempat di Singaraja, Senin. (Foto Antara Bali/bgs/17)

Singaraja (Antara Bali) - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali mendorong penguatan nilai-nilai kebangsaan dalam dunia pendidikan melalui penghayatan dan pengamalan Pancasila.

"Undiksha terus berupaya menguatkan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam proses pembelajaran kami," kata Wakil Rektor I Undiksha, Prof Dr Ida Bagus Arnyana MSi, ketika membuka seminar penguatan nilai kebangsaan melibatkan ribuan mahasiswa perguruan tinggi setempat di Singaraja, Senin.

Ia mengatakan, Pancasila dan PKN merupakan mata kuliah penting guna melahirkan generasi penerus bangsa yang bukan hanya intelek dan berkemampuan, tetapi juga memiliki rasa cinta tanah air dan bela negara. Melalui seminar yang menghadirkan Prof Haryono sebagai salah satu anggota Unit Kerja Presiden Pembina Ideologi Pancasila (UKP-PIP) yang juga akademisi dari Universitas Negeri Malang (UNM) itu diharapkan para mahasiswa Undiksha memahami makna Pancasila dan pendidikan dan impelentasi dalam kehidupan bermasyarakat.

Arnyana juga mengungkapkan, Undiksha sebagai salah satu perguruan tinggi kependidikan terbesar di tanah air tersebut sebelumnya telah memberikan seminar nilai kebangsaan melibatkan para dosen PKN di kampus setempat.

Dengan hal tersebut diharapkan para dosen dapat menanamkan nilai-nilai kebangsaan terhadap para peserta didiknya. Bukan hanya dalam tataran teoretik tetapi juga pelaksanaan di lapangan.

"Sebanyak puluhan dosen sebelumnya sudah mendapatkan ilmu dari Prof Haryono mengenai Pancasila, nilai-nilai kebangsaan dan juga impelentasinya dalam pembelajaran PKN," demikian Arnyana. (WDY)

Video oleh Bagus Andi Purnomo