Mangupura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) gencar melakukan pencegahan penyakit kanker melalui kegiatan lomba penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) yang diwakili tiga sekolah di daerah itu.

"Kegiatan ini menjadi media pembinaan masyarakat secara berkelanjutan, karena pencegahan penyakit menjadi tanggung jawab kita bersama yang sosialisasinya dimulai dari anak-anak sekolah," kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Badung IB Yoga Segara, di Mangupura, Selasa.

Ia mengatakan, tiga sekolah yang menjadi duta Kabupaten Badung untuk mengikuti lomba PKTP ini yakni SD 2 Kapal, SMPN 3 Abiansemal dan SMPN1 Petang yang dipusatkan di SMAN 1 Petang, Badung, Bali.

Yoga Segara menegaskan kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, agar program PKTP melalui sekolah-sekolah dapat lebih dikenal masyarakat luas dan mampu menanggulangi kanker secara dini.

Selain itu, salah satu upaya pemerintah daerah untuk menekan pencegahan penyakit kanker dengan melaksanakan program papsmear gratis kepada masyarakat yang kurang mampu.

Juga dilakukan pemeriksaan gratis untuk mencegah kanker serviks gratis untuk siswi kelas sepuluh SMA/SMK se-Kabupaten Badung serta PNS dan THL di lingkungan Pemkab Badung.

"Pemkab Badung juga menyediakan bus pelayanan deteksi dini kanker terpadu guna mendekatkan pelayanan pada masyarakat," tambahnya. (ADT)

Pewarta: I Made Surya

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016