Tabanan (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Tabanan, Bali mengalokasikan dana Rp2 miliar dalam tahun 2017 untuk mengadaan armada bus dan menambah halte untuk angkutan para pelajar.

"Dana itu diperkirakan cukup untuk menambah empat sampai lima unit bus, karena bus itu seharga Rp400 juta setiap unitnya," kata Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti di Tabanan, Selasa.

Ia sehari sebelumhya, Senin (17/10) sempat mencoba rute baru angkutan bus Trans Serasi yang melayani para pelajar di Kota Tabanan kota-Daerah Penebel.

Program Trans Serasi untuk kelancaran transportasi para pelajar di Kabupaten Tabanan terus digenjot, sebagai upaya mendukung dan menyukseskan proses belajar mengajar.

Bupati Eka Wiryastuti menambahkan Trans Serasi selama ini menjadi program yang membanggakan di Kabupaten Tabanan, karena merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat, khususnya menyangkut angkutan publik bagi pelajar atau siswa.

"Program Trans Serasi cukup efektif dalam mencegah terjadi rindak kriminal terhadap murid, sekaligus mencegah angka kecelakaan, khususnya kalangan pelajar," ujar Bupati Eka yang juga didampingi Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa dan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Tabanan Made Agus Hartawiguna.

Trans Serasi merupakan program yang murni subsidi dari pemerintah, namun hal itu dilakukan secara bertahap sesuai dengan anggaran APBD.

Program Trans Serasi tersebut selain dibantu dana dari pemerintah pusat juga ditopang dari APBD, sehingga sehingga pelayanan publik itu dapat dilakukan secara bertahap dengan baik.

Dengan adanya penambahan bus Trans Serasi diharapkan jangkauan pelayanan publik untuk para murit dan pelajar itu dapat diperluas, yang nantinya mampu menjangkau seluruh kecamatan di Kabupaten Tabanan.

Hingga kini baru menjangkau lima kecamatan dari sepuluh kecamatan yang ada, mudah-mudahan lima kecamatan sisanya dapat dijangkau dalam waktu yang tidak terlalu lama, harap Bupati Eka Wiryastuti. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016