Mangupura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, bersama Dewan Perwakilan Rakyat setempat berkomitmen untuk mewujudkan seluruh desa di daerah itu maju dan berkembang secara merata dalam satu tatanan pembangunan desa berdikari.

"Dalam mewujudkan kondisi ini, maka pembangunan fasilitas, sarana dan prasarana dan infrastruktur desa termasuk pengembanagan 10 program pokok PKK kabupaten Badung mesti terus didorong dan dibina secara berkelanjutan," kata Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, di Puspem Badung, Senin.

Ia mengatakan, pembangunan desa merupakan bagian strategis dari pembangunan nasional, sebagaimana tertuang dalam nawa cita. Untuk itu, keberhasilan pembangunan desa merupakan awal untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Melalui pembangunan desa, semangat antara pemerintah dan kekompakan masyarakat terjalin dalam satu tujuan dalam mewujudkan tingkat kesejahtaraan masyarakat secara lahir dan bhatin yang berkeadilan," ujarnya.

Bentuk nyata komitmen Pemkab Badung dalam mewujudkan pemerataan pembangunan di desa, dengan merencanakan RPJMD Semesta Berencana yang menetapkan suatu kebijakan pembangunan berbasis desa.

"Artinya perencanaan RPJMD nanti juga mengarah peningkatan kualitas pelayanan di bidang kesehatan, pendidikan dan mendorong pertumbuhan ekonomi dipedesaan," ujarnya.

Dibidang kesehatan Pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk menyuguhkan pelayanan puskesmas 24 jam, agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal.

Selain itu, pemerintah akan mendukung penguatan lembaga desa, menguatkan manajemen pemerintahan desa serta memberikan dukungan dana kepada desa, selain memperbaiki sarana prasarana pelayanan di desa.

"Tolak ukur dari kebijakan tersebut, semakin berkurangnya jumlah RTM, derajat kesehatan semakin baik, pada akhirnya dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Badung," kata Giri Prasta. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016