Mangupura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mengharapkan kegiatan bimbingan teknis (Bintek) kearsipan untuk segenap jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang berlangsung di Puspem, Rabu, mampu mewujudkan pengelolaan arsip dan tertib administrasi secara benar.

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta dalam sambutan tertulis dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan I Made Witna menyatakan, melalui upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kualitas sumber daya manusia pengelola arsip dilingkungan SKPD, kelurahan, desa dan tata usaha sekolah.

"Kabupaten Badung yang menyandang predikat Lembaga Kearsipan Terbaik Nasional Tahun 2015, hendaknya terus melakukan langkah-langkah stategis dalam upaya mewujudkan tertib arsip dan pengelolaan arsip yang baik dan benar," ujarnya

Pihaknya menekankan bahwa, sebagaimana amanat Undang-Undang Kearsipan Nomor 43 Tahun 2009, tujuan penyelenggaraan kearsipan untuk menjamin perlindungan kepentingan negara dan hak-hak keperdataan rakyat.

"Upaya ini juga untuk menjamin keselamatan aset nasional, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mewujudkan arsip sebagai tulang punggung manajemen pemerintahan," katanya.

Oleh sebab itu, pentingnya peranan pengelolaan arsip yang benar, ia mengharapkan Bintek tersebut dapat dilaksanakan secara rutin
Ia menambahkan, sebagai lembaga kearsipan terbaik, sudah sepantasnya penataan arsip di Kabupaten Badung menjadi percontohan penataan arsip di Bali.

"Penataan itu mulai dari SKPD, Kelurahan, Desa dan tata usaha sekolah yang bersinergi dengan Kantor Arsip Daerah Badung," katanya.

Bupati Badung juga menyampaikan apresiasi kepada DKP, Satpol PP, Bappeda Litbang dan BPMD PD yang telah menjadi contoh penataan arsip terbaik dilingkungan SKPD.

"Hal ini agar bisa iikuti oleh SKPD lainnya, sehingga Pemkab Badung juga patut berbangga karena saat ini telah memiliki Gedung Depo Arsip yang representatif yang mampu menampung 35 ribu box arsip," ujarnya.

Untuk itu jajaran SKPD dapat memanfaatkan depo arsip ini sehingga tidak ada lagi arsip-arsip yang menumpuk di ruang kerja SKPD.
Acara tersebut dihadiri Ketua DPRD Badung diwakili anggota I Made Reta, Perwakilan Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali dan Kepala Kantor Arsip Badung A.A. Ngr. Arimbawa. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016