Gianyar (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengirimkan bantuan kepada Dewa Gede Merta Kusuma (5) yang menderita komplikasi jantung bocor, kepala membesar, dan sejumlah kelainan lainnya asal Desa Bakbakan, Kabupaten Gianyar.

"Pak Gubernur memberikan bantuan uang tunai yang diharapkan dapat meringankan beban keluarga dalam merawat anak tersebut," kata Kasubag Penyaringan dan Pengolahan Informasi Kemasyarakatan Biro Humas Provinsi Bali Nyoman Darsana, yang menyerahkan bantuan dari Gubernur Bali itu, di Gianyar, Rabu.

Menurut Darsana, setelah melihat kondisi Dewa Gede, pihaknya akan membuat laporan pada Gubernur Bali dan berkoordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Provinsi Bali terkait.

Dewa Gede Merta Kusuma, bocah berusia lima tahun itu menderita komplikasi jantung bocor, kepala membesar, tidak punya tulang pipi serta jari tangan dan kaki menempel.

Kedatangan rombongan dari Biro Humas diterima langsung oleh orang tua bocah malang tersebut. Dewa Nyoman Karsana selaku ayah dari Dewa Mertha Kusuma menuturkan, putra keempatnya itu mengalami kelainan sejak lahir dan sempat mendapat perawatan intensif di RSUP Sanglah selama 27 hari.

Dengan bantuan sebuah yayasan, bocah itu juga pernah dikirim ke Australia untuk menjalani operasi pada otak. Bahkan, tiga tahun lalu pihak yayasan juga membiayai operasi pemisahan jari tangan Dewa Merta Kusuma.

Hanya saja, untuk tahap awal baru jempolnya yang berhasil dipisahkan dari jari yang lain. Rencananya, akan dijadwalkan operasi lanjutan untuk pemisahan jari tangan dan kaki serta pembentukan tulang pipi.

Dalam kesempatan itu, Dewa Karsana juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Bali karena dia sangat terbantu program Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) dalam perawatan putranya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016