Denpasar (Antara Bali) - Sebanyak 143 mahasiswa tingkat akhir Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar mengikuti pameran bersama mengusung tema "Built in The Future".

"Pameran bersama dalam pelaksanaan tugas akhir mahasiswa berlangsung di Bentara Budaya Bali (BBB), lembaga kebudayaan nirlaba Kompas-Gramedia di Ketewel, Kabupaten Gianyar yang akan dibuka Rabu (15/6)," kata staf BBB Juwitta Lasut di Denpasar, Selasa.

Ia mengatakan, sebanyak 143 mahasiswa yang ikut ambil bagian dalam pameran kali ini berasal dari jurusan Seni Murni, Kriya, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Mode dan Fotografi.

Melalui tajuk Built in The Future, para mahasiswa ditantang untuk mengaplikasikan bidang keilmuannya, agar senantiasa dapat memberikan gagasan-gagasan kreatif dalam wujud karya, sekaligus mencerminkan situasi kekiniaan dalam masyarakat atau kontekstual.

Karya-karya yang ditampilkan para mahasiswa tingkat akhir menawarkan lompatan imajinasi yang tak terduga, mencerminkan kepekaan sosial, serta berupaya mengkritisi fenomena di sekitarnya, meski secara teknik terbilang belum matang.

Tema Built in The Future dihadirkan dengan tujuan mendorong mahasiswa untuk mengalami, memahami akan kehidupan. Agenda tersebut sejalan dengan salah satu visi misi Bentara Budaya Bali, yakni menyelenggarakan kegiatan yang untuk memberikan perluasan pengetahuan kepada publik.

Selain itu juga membuka ruang ekspresi dan apresiasi bagi seniman-seniman mumpuni maupun mereka yang tengah meneguhkan eksistensinya.

Serangkaian pameran tersebut diselenggarakan pula berbagai kegiatan, seperti diskusi dan kelas kreatif. Adapun diskusi menghadirkan pembicara Drs I Ketut Murdana MSn, Dr I Nyoman Suardina SSn MSn, Dr Drs I Gst Ngr Ardana MErg, AA Gede Bagus Udayana SSn MSi, Dr I Komang Arba Wirawan SSn MSi dan Tjok Istri Ratna Cora SSn MSi.

Terkait program Akademika, Bentara Budaya Bali telah menyelenggarakan kerja sama berulang dengan ISI Denpasar, Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Universitas Negeri Surabaya, Fakultas Ilmu Budaya UI, STMIK STIKOM Bali.

Selain itu juga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi Alfa Prima, UKM Udayana Science Club (USC) Unud, Jurusan Teknik Arsitektur Unud, dan Fakultas Kedokteran Unud, Pers Mahasiswa Lini Masa FISIP Unud dan Pers Mahasiswa Akademika Universitas Udayana. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016