Denpasar (Antara Bali) - Banjar Blanjong Sanur, Kota Denpasar, Bali, berrkomitmen akan mengangkat secara rutin tema pesona bahari dalam Festival "Pesona Bahari Mertasari".

Koordinator festival "Pesona Bahari Mertasari (PBM)" Bagus Surya Dharma pada acara evaluasi kegiatan tersebut di Sanur, Bali, Kamis mengatakan Banjar Blanjong memiliki agenda tersendiri dalam menggarap sebuah festival.

Ia mengatakan bila di seluruh kawasan Sanur sudah memiliki ajang "Sanur Village Festival" (SVF), maka khusus Banjar Blanjong yang ada di paling selatan kawasan Sanur mengusung tema sendiri yakni festival "Pesona Bahari Mertasari".

"Kamki sudah dua kali menggelar kegiatan tersebut. Dan saat ini sudah dipantau oleh Kementerian Pariwisata dan Pemkot Denpasar untuk masuk dalam kalender kegiatan di Bali. Artinya, sudah ada dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Pemkot Denpasar untuk menggelar festival yang khusus di Pantai Mertasari Sanur," ujarnya.

Menurut Bagus Surya, ada perbedaan yang menonjol dengan SVF dibanding festival "Pesona Bahari Mertasari". Bila di SVF lebih ke pementasan yang bersifat makro maka dalam "Festival Pesona Bahari" lebih ke budaya dan kearifan lokal di Desa Blanjong.

Dikatakan fFestival "Pesona Bahari Mertasari" lebih khusus dan hanya kepada budaya lokal, skalanya lebih kecil, dan akan diusahakan tidak mengambil kesenian dan budaya dari luar untuk dipentaskan. Hingga saat ini sudah digelar sebanyak dua kali dan terjadi peningkatan kunjungan yang luar biasa.

Dalam festival yang kedua tahun ini sudah terbukti berjalan dengan sukses dan berhasil menyedot dua ribuan wisatawan asing dan lima ribuan wisatawan Nusantara.

"Target kunjungan kami terpenuhi. Totalnya mencapai sekitar delapan ribuan wisatawan yang mengunjungi Festival Pesona Bahari," ujarnya.

Dalam kegiatan festival kedua kali ini, ada banyak lomba seperti yoga, jukung hias, dan yoga massal, serta pameran kerajinan tradisional lainnya.

"Festival kali ini didukung sepenuhnya oleh Banjar Blanjong. Dan disupport Kementerian Pariwisata dan Pemkot Denpasar," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016