Singaraja (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, memperingati gugurnya pahlawan asal Singaraja yakni Mayor Nengah Metra, seorang pejuang kemerdekaan melawan penjajah Belanda.

"Hari ini kami memperingati gugurnya Mayor Metra pada 70 tahun silam. Beliau wafat bersama pasukannya di hutan wilayah Desa Selat, Kecamatan Sukasada," kata Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana di Monumen Perjuangan Mayor Metra di Desa Selat, Kamis.

Dia mengatakan, perjuangan para pahlawan hendaknya diperingati dan dihayati maknanya, apalagi, para pahlawan telah menumpahkan darahnya mencapai kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan di masa lalu.

Menurut dia, semangat pantang menyerah kalangan pahlawan dalam mempertahankan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus ditiru kalangan generasi muda dengan ikut serta terlibat dalam pembangunan.

"Generasi muda jangan sampai lupa jasa para pahlawan kita dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI. Kemerdekaan harus diisi dengan hal positif dan bermanfaat bagi bangsa," kata Agus.

Generasi muda di Buleleng, kata Agus diharapkan berperan aktif membangun daerah sehingga dapat mendukung kemajuan dalam berbagai sektor pembangunan.

Selain itu, Agus yang juga Ketua DPC PDIP Buleleng itu menambahkan, kedepan beberapa peninggalan bersejarah kepahlawanan di kabupaten paling Utara Pulau Dewata itu akan didata dan diinventalisir.

"Beberapa peninggalan kepahlawanan yang masih dikelola pribadi diharapkan segera diserahkan ke Pemkab, sehingga kami dapat memberikan anggaran perawatan," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016