Denpasar (Antara Bali) - Suyono Noto Diwiryo (69), kakek asal Kebon Sirih, Jakarta, yang berkeliling Indonesia menggunakan sepeda berharap bisa menacatatkan diri di Museum Rekor Indonesia (Muri).

"Saya berencana mengajukan aksi keliling Indonesia ini ke Muri sebagai orang bersepeda tertua dengan jarak terjauh di negeri ini," kata kakek penyuka pisang itu di Denpasar, Selasa.

Dia tiba di Denpasar, Senin (22/11) sekitar pukul 17.00 Wita setelah melintasi berbagai kota dan kabupaten yang ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, termasuk Pulau Madura.

Kakek enam orang cucu yang memiliki misi "Aku Cinta Indonesia" itu, melakukan perjalanan dari Jakarta sampai Denpasar dengan waktu selama sekitar satu-setengah bulan.

Dikatakan, aksi bersepeda menjelajahi beberapa provinsi di wilayah Pulau Jawa itu bukanlah untuk pertama kalinya. Suyono sebelumnya melakukan aksi serupa dengan rute dari Jakarta ke Surabaya dan kembali ke Jakarta.

"Aksi saya itu sebagai tahap pertama dengan jarak tempuh sekitar 1.800 kilometer, dengan menempuh jalur selatan dan utara," ujarnya.

Sedangkan aksi dia kali ini dinamakannya sebagai tahap kedua, dengan target jarak yang ditempuh 3.200 kilometer, dengan rute dari Jakarta menuju Lombok dan kembali ke Jakarta dengan menggunakan jalur tengah. 

"Semua aksi yang saya lakukan ini memang akan diajukan ke pihak MURI. Karena itu, saya setiap sampai di kota/kabupaten yang berhasil dilewatinya selalu melaporkan hal yang dilakukan ke pihak kepolisian setempat dan meminta bukti laporan," katanya.

Dijelaskan, bukti laporan dari kepolisian itu yang nantinya akan diberikannya kepada pihak MURI sebagai bahan pertimbangan untuk memecahkan rekor.

"Jika tahap kedua ini berhasil, maka total jarak yang telah saya tempuh dengan sepeda adalah 5.000 kilometer," ujarnya.

Dirinya berharap hal yang dilakukannya itu berhasil memecahkan rekor. Namun, yang terpenting adalah dirinya bisa menikmati pesona di daerah yang dilaluinya dengan bersepeda. (*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010