Semarapura (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mendorong peningkatan kualitas layanan rumah sakit yang merupakan ujung tombak pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Bali Mandara.

"Waktu awal-awalnya JKBM diluncurkan, fokus kita yang penting masyarakat tertolong. Tetapi sekarang, saya ingin tak lagi hanya sekadar tertolong. Saya ingin mereka yang menggunakan program JKBM mendapat layanan berkualitas dan paripurna," kata Pastika di sela-sela melakukan inspeksi mendadak ke RSUD Klungkung, di Semarapura, Minggu.

Menurut dia, sejalan dengan salah satu program unggulan di bidang kesehatan yang telah menginjak tahun kelima itu, penyempurnaan kualitas layanan mulai menjadi perhatiannya.

Untuk itulah Pastika mengaku memanfaatkan waktu libur untuk melakukan sidak ke RSUD di sejumlah kabupaten. Dia ingin melihat secara langsung proses pemberian layanan bagi pasien dan mengetahui kendala yang masih dihadapi pihak rumah sakit.

Sementara itu, menjawab harapan Pastika, Dirut RSUD Klungkung dr Nyoman Kusuma memaparkan sejumlah terobosan yang tengah dilakukan dalam meningkatkan kualitas layanan. Selain pengembangan gedung perawatan, pihaknya juga terus berupaya memperkuat jajaran tim medis melalui penambahan dokter spesialis.

"Saat ini kami memiliki 163 bed dan 97 di antaranya ada di kelas III," kata dr Kusuma seraya menambahkan kalau 46 persen pasien yang dirawat di RS tersebut memanfaatkan program JKBM.

Jumlah itu, menurut dia, sudah memadai sehingga sejauh ini semua pasien terlayani dengan baik. Saat ini, pihaknya tengah mengejar target untuk naik kelas menjadi RS Tipe B.

Untuk itu, RSUD Klungkung saat ini tengah melengkapi sarana dan prasarana seperti gedung radiologi dan CT Scan. "Gedungnya sudah hampir rampung, tapi peralatannya yang belum," katanya.

Pada kesempatan itu, Pastika juga menyatakan apresiasinya atas terobosan jajaran pengelola RSUD Klungkung dalam upaya meningkatkan kualitas layanan. Dia pun menyampaikan komitmennya untuk memberi perhatian pada pengembangan rumah sakit tersebut.

Dalam kunjungannya ke RSUD Klungkung, Pastika sempat menyambangi pasien JKBM yang dirawat pada ruang kelas III. Sejumlah keluarga pasien menyambut kehadiran orang nomor satu itu dengan antusias. Mereka menyampaikan rasa terima kasih karena sangat terbantu dengan program JKBM karena tidak lagi harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan layanan kesehatan. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015