Singaraja (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, meresmikan operasional panel surya (solar cell) di Desa Bukti sebagai sumber listrik pompa air.

"Program CSR tersebut menggunakan sebanyak 48 buah panel, dapat menghasilkan listrik sekitar 11.000 watt dimanfaatkan mesin pompa mengalirkan air ke areal permukinan masyarakat di wilayah perbukitan tandus," kata Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana di lokasi peresmian Panel Surya Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa program tersebut merupakan kerja sama bersama PLN Bali dan PT Indonesia Power dalam hal membantu masyarakat di daerah kekeringan.

"Pompa digunakan karena selama ini masyarakat di Desa Bukti dan sekitarnya susah mendapatkan akses air karena terkendala lokasi, padahal sumber air di wilayah bawah cukup melimpah," kata dia.

Lebih lanjut, Agus Suradnyana memaparkan, dengan pompa air bertenaga panel surya diprediksikan dapat membantu memberikan akses air bersih sekitar 100 kepala keluarga (KK) di desa tersebut.

"Desa Bukti dan sekitarya selalu menjadi langganan kekeringan hampir sepanjang tahun dan diharapkan beroperasinya pompa dapat menjadi memberikan manfaat kepada masyarakat baik untuk kebutuhan sehari hari maupun untuk aktivitas pertanian dan perkebunan," katanya.

Selain itu, mantan Ketua Komisi III DPRD Bali itu menyampaikan apresiasi terhadap PLN Bali dan PT Indonesia Power telah berkontribusi dalam hal pemenuhan air bersih dan kebutuhan energi di kabupaten paling utara Pulau Dewata itu.

Ke depan, kata Agus yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Buleleng, PLN lebih banyak memberikaan bantuan "solar cell" di beberapa daerah lain, seperti wilayah Desa Cempaga dan sekitarnya, Desa Sanggahlangit, dan beberapa daerah lainnya.

Bukan hanya itu saja, pihaknya berharap dilibatkan dalam pemberian bantuan (CSR) swasta apa pun bentuknya.

"Kami harapkan PLN jika ingin menyalurkan bantuan berkoordinasi dulu dengan Pemkab Buleleng sehingga bantuan dapat tersalurkan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat," demikian Agus. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015