Singaraja (Antara Bali) - Wakil Bupati Buleleng, Bali, I Nyoman Sutjidra mengunjungi Saidah, salah seorang warga miskin di Kota Singaraja yang menderita lumpuh sejak beberapa tahun lalu.

Kunjungan Wabup Sutjidra pada Jumat didampingi Kepala Dinas Sosial Buleleng, Gede Komang dan aparat Desa Kampung Kajanan, Singaraja.

Dalam kesempatan itu, Wabup Sutjidra menyerahkan bantuan satu buah kursi roda untuk Saidah dan bingkisan sembako memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Wabup Sutjidra mengatakan, kehidupan keluarga Saidah dan keluarga memang pantas untuk mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah.

"Pemkab Buleleng akan terus memberikan bantuan kepada warga miskin yang ada di semua wilayah dan keluarga seperti ini paling pantas mendapatkan bantuan," katanya.

Dikatakan, Saidah hidup di tengah keterbatasan ekonomi dengan suaminya, Zulhaidir dan bibinya Ruhayah yang juga menderita lumpuh. Biaya hidup keduanya ditanggung sepenuhnya oleh Zulhaidir bekerja sebagai buruh serabutan.

Setelah melihat kondisi miris tersebut, Wabup Sutjidra menyarankan Zulhaidir menitipkan bibinya di panti jompo. "Kami menyarankan menitipkan ibu Ruhayah ke panti jompo agar mendapatkan perawatan dokter dan untuk meringankan beban dari Zulhaidir," sarannya.

Menyoal masalah kemiskinan di Buleleng, pihaknya tengah serius mendata warga miskin yang ada di kabupaten paling utara Pulau Dewata itu. Dinsos sedang mendata dan untuk yang tidak punya rumah akan diarahkan ke panti jompo dan kalau tidak bisa menampung.

Bukan itu saja, kata dia, Pemkab Buleleng mulai melakukan berbagai terobosan mulai dengan melakukan validasi ulang data penduduk miskin maupun yang mengalami cacat dan hidup terlantar.

"Kini upaya lain ditempuh dengan menitipkan warga miskin tersebut ke panti jompo milik pemerintah ataupun yang dikelola oleh pihak swasta," kata dia sembari mengatakan upaya tersebut diyakini jauh lebih efektif dalam memberikan penanganan lebih manusiawi terhadap warga yang kurang beruntung di Bali Utara.

Sementara itu, Zulhaidir sangat berterima kasih terhadap perhatian Pemkab Buleleng khususnya Wakil Bupati Sutjidra. "Saya sangat berterimakasih kepada Pemkab Buleleng karena sudah mau melihat kondisi kami disini dan memeberikan bantuan untuk meringankan beban ekonomi kami," ucapnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015