Kuta, Bali (Antara Bali) - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memantau kesiapan pelayanan arus mudik di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, sembilan hari menjelang Idul Fitri 1436 Hijriah.

Menteri Jonan tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, sekitar pukul 19.25 WITA, Rabu, didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Sesaat setelah mendarat di Pulau Dewata, mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia itu kemudian meninjau sejumlah fasilitas dan pelayanan calon penumpang di Terminal Keberangkatan Domestik, Pelayanan Penumpang Maskapai Terpadu, dan Posko Monitoring Angkutan Lebaran 2015.

Selain itu, Jonan yang saat itu mengenakan kemeja berwarna putih kemudian meninjau Terminal Internasional.

Di Posko Monitoring Angkutan Lebaran, Jonan meminta untuk menampilkan daftar keberangkatan dan kedatangan pesawat rute domestik pada monitor secara terpisah dan meniadakan informasi yang tidak terkait dengan pelayanan mudik.

Sedangkan pada monitor dalam posko terpadu itu hanya menampilkan kedatangan pesawat domestik.

"Tampilkan informasi yang bermanfaat bagi penumpang," ucap Jonan.

Berdasarkan data posko setempat, dari H-15 hingga H-9 untuk penerbangan terjadwal, tercatat 71.045 penumpang domestik tiba di bandara itu dengan dilayani 619 pesawat udara, keberangkatan domestik sebanyak 77.850 orang yan diangkut 639 armada.

Sedangkan untuk kedatangan internasional tercatat sebanyak 81.253 penumpang tiba di Bali dengan diangkut 411 pesawat. Untuk keberangkatan internasional tercatat sebanyak 72.329 orang penumpang meninggalkan Pulau Dewata dengan diangkut 419 armada.

Sebanyak 283 layanan penerbangan (extra flight) yang disiapkan oleh delapan maskapai penerbangan nasional dan internasional untuk melayani lalu lintas penumpang menyambut Lebaran 2015.

Dari jumlah itu, 264 penerbangan merupakan angkutan domestik dan 19 merupakan penerbangan internasional dengan total tambahan kursi sebanyak 51.546 kursi.

Penerbangan domestik itu di antaranya dilayani oleh maskapai Citilink sebanyak 77 penerbangan, Indonesia Air Asia (62), Nam Air ( 54), Sriwijaya Air (36), Garuda Indonesia (27) dan Lion Air (8).

Sebagian besar kota tujuan merupakan kota di Pulau Jawa di antaranya Jakarta sebanyak 158 kali, Surabaya (54), Yogyakarta (18), Solo (20), dan Bandung (14).

Tak hanya rute domestik, libur panjang Lebaran dan libur sekolah kali ini juga menambah rute penerbagan untuk rute internasional yakni menuju Taipei, Taiwan sebanyak 11 tambahan penerbangan dan Hong Kong (8). (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015