Denpasar (Antara Bali) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Koordinator Kopertis) Wilayah VIII Bali-Nusa Tenggara, Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, MSi mengatakan, pihaknya memberikan beasiswa kepada mahasiswa kurang mampu (miskin) dan berprestasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

"Kami memiliki berbagai jenis beasiswa yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa di Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang kurang mampu dari segi perekonomian dan memiliki prestasi akademik dalam proses perkuliahan," kata Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, MSi di Denpasar, Sabtu.

Ia mengatakan, beberapa jenis beasiswa tersebut meliputi beasiswa Bidikmisi, Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP PPA) dan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA).

I Nengah Dasi Astawa menjelaskan, beasiswa Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang kini menjadi Kementrian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Ristek-Dikti) mulai tahun 2010, targetnya mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi serta aktif dalam kehidupan kampus.

"Untuk beasiswa Bidikmisi sendiri diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi (PT) yang sudah terakreditasi dan diberikan bantuan belajar selama delapan semester untuk program Diploma IV dan S1, dan selama enam semester untuk program Diploma III dengan ketentuan penerima beasiswa berstatus mahasiswa aktif," katanya.

Sedangkan, untuk bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA) dan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), diberikan kepada seluruh mahasiswa yang dinyatakan berprestasi dan kurang mampu tanpa melihat status akreditasi dari Perguruan Tinggi tersebut.

"Sejumlah 166 PTS yang tersebar di Bali dan Nusra mendapatkan bantuan beasiswa Prestasi Akademik (BBP PPA) dan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), syaratnya adalah mereka dapat menunjukkan keterangan berprestasi dan keterangan kurang mampu," imbuhnya.

Ia menambahkan, banyaknya jenis beasiswa saat ini merupakan salah satu langkah maju pemerintah pusat meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

"Sekarang pemerintah gencar memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi, begitu banyak jenisnya, siapa yang ingin mengusulkan pasti mendapatkan beasiswa," kata dia. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015