Denpasar (Antara Bali) - Para pengusaha dari Meizhou, Provinsi Guangdong, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) melakukan kunjungan ke Bali guna menjalin hubungan kerja sama dalam perdagangan dan sektor pariwisata.

"Kami datang ke Indonesia, khususnya ke Bali ingin menjalin hubungan kerja sama di bidang perdagangan dan pariwisata. Karena di kedua negara ini ada kemiripan dan kesamaan dalam sektor tersebut," kata Huang Qiang, kepala rombongan pengusaha dari Meizhou, RRT di Kuta, Bali, Rabu malam.

Rombongan pengusaha tersebut selama di Bali didampingi oleh Perkumpulan Hakka Bali, untuk bertemu sejumlah pengusaha di Pulau Dewata dan selanjutnya mengadakan kunjungan ke objek wisata.

Huang Qiang mengatakan dengan kunjungan ke Bali, maka pihaknya lebih mengetahui kondisi dan keadaan penduduk setempat, sehingga bisa memetakan apa saja yang bisa dikerjasamakan dengan pengusaha Pulau Dewata.

"Kami selama ini hanya bisa mendapatkan informasi melalui media, bahwa Bali terkenal dengan objek pariwisatanya. Setelah kami ke sini memang pariwisata Bali cukup menarik," ujarnya yang didampingi Konjen RRT Hu Yinquan dan Ketua Umum Hakka Bali Sutikno Wibowo.

Ia mengatakan dengan mengajak rombongan ini, pihaknya akan memberi informasi, bahwa potensi apa saja yang bisa dikerjasamakan dengan pengusaha Bali.

Begitu juga, kata Huang Qiang, pengusaha Bali juga bisa melakukan ekspor produksi lokal Bali ke RRT, khususnya ke Provinsi Mizhou.

"Kami siap bekerja sama dengan pengusaha Bali. Potensi Bali yang dimiliki bisa di ekspor ke negara kami, begitu juga produk-produk kami bisa juga dipasarkan di Bali," katanya.

Sementara Ketua Umum Hakka Bali Sutikno Wibowo menyambut baik kedatangan rombongan pengusaha RRT tersebut, karena dengan kedatangan mereka, maka potensi dalam perdagangan bisa dipasarkan di sana.

"Kedatangan pengusaha dari Tiongkok memberi peluang bagi pengusaha Bali untuk mengekspor produk-produk dari Bali, begitu juga kunjungan wisatawan dari negeri tirai bambu itu diharapkan terus meningkat setiap tahunnya," ucap Sutikno didampingi pengurus lainnya.(I020)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015