Semarapura (Antara Bali) - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengungkapkan keinginan untuk menjadikan daerah itu memiliki keunggulan dalam berbagai aspek kehidupan sesuai potensi bidang seni, budaya, pariwisata dan pertanian.

"Dalam pengembangan seni budaya untuk mendukung sektor pariwisata mengintensifkan kegiatan Festival Nusa Penida, Festival Semarapura dan Festival Kamasan," kata Bupati Nyoman Suwirta di Semarapura, Rabu.

Ia mengatakan, lewat berbagai kegiatan itu diharapkan mampu menangkap peluang usaha, sekaligus promosi pariwisata dengan harapan semakin banyak wisatawan dalam dan luar negeri berkunjung ke daerah itu.

Festival Nusa Penida yang digelar pada Juli 2014 misalnya secara signifikan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nusa Penida sebanyak 20.000 orang dalam setahun.

Selain itu menggairahkan pariwisata Nusa Penida yang belakangan ini mampu menarik perhatian investor untuk menanamkan modal di pulau yang terpisah dengan daratan Bali itu.

PT. Cavendis, salah satu investor telah memaparkan rencananya untuk membangun resort di Desa Pejukutan Nusa Penida di atas hamparan seluas 25 hektare.

Kendala air menjadi keluhan yang disampaikan oleh PT. Cavendis ketika diskusi dengan PDAM sekaligus mohon agar bisa dicarikan jalan keluar.

Peluang tersebut juga akan terbuka di Klungkung daratan setelah Festival Semarapura dan Festival Kamasan, ujar Bupati Suwirta.

Ia mengharapkan, satuan kerja perangkat daerah dapat menangkap peluang dan membuat tindaklanjut.

Bupati Suwirta asal Ceningan, Nusa Penida itu juga menjelaskan tentang rencana menata sejumlah bina objek Wisata di Klungkung.

Penataan tersebut antara lain Taman Kerthagosa, Monumen Puputan Klungkung, Pasar Seni dan sekitar balai budaya. (WDY)

Pewarta: Oleh Putu Arthayasa

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015