Denpasar (Antara Bali) - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengharapkan Persatuan Guru Republik Indonesia di provinsi itu turut mencetak para pendidik yang berkualitas dan memiliki kompetensi sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan daerah.

"Sebagai kumpulan pendidik yang tergabung dalam sebuah organisasi sosial, sudah seharusnya PGRI Bali merumuskan dan melaksanakan program kerja untuk meningkatkan kulitas sumber daya manusia. Oleh karenanya, semua usaha yang dilakukan, kami harapkan dapat menghasilkan output pendidikan yang berkualitas dan memiliki kompetensi," kata Sudikerta dalam Pembukaan Konferensi PGRI Masa Bhakti 2015-2020, di Denpasar, Jumat.

Sudikerta mengemukakan bahwa dalam mendukung pembangunan di bidang pendidikan, Pemprov Bali pada tahun ini menganggarkan 21 persen dari APBD untuk pendidikan, melebihi dari yang diatur oleh standar nasional sebesar 20 persen.

Dia berharap bahwa dalam musyawarah ini dapat mengedepankan kaedah-kaedah PGRI yang sesuai dengan aturan dan kode etik. Ia juga berpesan agar pengurus lama tetap berperan dalam meningkatkan sumber daya manusia dan menghasilkan keluaran pendidikan yang cerdas, berkualitas, memiliki kompetensi tinggi serta berdedikasi terhadap NKRI.

Sementara Ketua Pengurus Besar PGRI Pusat Unifah Rosyidi menyampaikan bahwa perkembangan Bali dalam dunia pendidikan memiliki grafik prestasi yang luar biasa.

Prestasi pendidikan di Bali baik dari tenaga pendidik maupun siswanya, mampu menduduki prestasi di tingkat nasional maupun internasional melalui perlombaan yang diikuti. Ia mengingatkan agar Bali jangan sampai lengah dalam menghadapi persaingan global.

Sedangkan Ketua Panitia Penyelenggara Wayan Dhania melaporkan kegiatan konferensi ini akan menetapkan program kerja selain juga melakukan pemilihan pengurus PGRI Bali masa bhakti 2015-2020 dengan melibatkan peserta berasal dari pengurus PGRI kabupaten/kota serta peninjau dari masing-masing kabupaten, yang keseluruhan peserta berjumlah 158 orang.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, Inspektur Provinsi Bali, Ketua PGRI Bali, Perwakilan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, Kepala Dinas Pendidkan Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar, serta undangan lainnya. (WDY)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015