Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura bekerjasama dengan Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI) menyelenggarakan acara rembug tani.

Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Pemkot Denpasar, I Gede Ambara Putra di Subak Peguyangan Denpasar, Kamis mengatakan, kegiatan rembug tani tersebut bertujuan memperkenalkan dan menambah wawasan kepada para petani terkait dengan perkembangan teknologi pertanian.

Acara tersebut dihadiri Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, Ketua DPRD Denpasar Gusti Ngurah Gede, tokoh masyarakat Anak Agung Gede Widiada, Anak Agung Kusuma Wardana serta kepala dinas terkait.

"Rembug tani itu bertujuan memberi wawasan kepada para petani dalam penerapan teknologi pertanian tersebut," kata Ambara Putra.

Ia mengatakan, pada acara tersebut juga dilaksanakan penanaman pohon Jambu Kristal di sepanjang aliran pengairan subak Sembung sebanyak 75 pohon. Kemudian dilanjutkan dengan panen daun bawang serta kursus singkat jamur merang kardus oleh PKK Kecamatan Denpasar Utara dan juga penyerahan bantuan sosial kepada beberapa subak yang ada di Kota Denpasar.

Wali Kota Rai Mantra mengatakan, untuk mencapai keberhasilan di bidang pertanian tidak bisa lepas dari adanya peran serta dan dukungan dari kelompok tani dan "subak" (organisasi pengairan tradisional di Bali). Ia mengatakan, kelompok tani dalam percepatan swasembada pangan harus di dorong seoptimal mungkin guna mengurangi impor pangan. Karena melemahnya peran kelompok tani dewasa ini banyak dipengaruhi oleh alih fungsi lahan, faktor sosial dan budaya serta kepentingan pribadi. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015