Denpasar (Antara Bali) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI pemilihan Bali Dr Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna menegaskan komitmennya untuk melanjutkan pendahulunya perjuangan proses otonomi khusus (Otsus) Bali yang telah menjadi Rancangan Undang-Undang (RUU) inisiatif dari DPD RI.

"Komitmen dan perjuangan untuk Otsus Bali disampaikan di sela rapat Panitia Musyawarah di Gedung GBHN MPR RI Senayan," kata Arya Wedakarna melalui surat elektronik, Kamis.

Rapat panitia musyawarah tersebut melibatkan seluruh anggota Komite III dan IV DPD RI yang mengagendakan sejumlah sosialisasi di antaranya sosialisasi Penyusunan RUU, penyusunan pandangan/pendapat pertimbangan DPD, sosialisasi pengawasan DPD dan kegiatan DPD RI di daerah.

"Saya menegaskan bahwa seluruh senator dari Bali kompak untuk menindaklanjuti terkait Otsus Bali sebagai salah satu produk DPD dalam bidang RUU. Saya akui akan banyak penyempurnaan dan perbaikan, tapi semangatnya akan kami lanjutkan," katanya.

Ia menilai, apalagi anggota DPR RI asal Bali periode sebelumnya 2009-2014 semangat kebersamaan itu sangat baik.

"Dalam catatan kami, keputusan RUU Otsus Bali saat itu disetujui oleh 128 anggota DPD menjadi RUU inisiatif DPD. Saat itu sidang dipimpin Ketua DPD RI Irman Gusman. Saya harap kan semangatnya sama, kebersamaan untuk memperjuangkan kepentingan daerah. Saya sangat berterimakasih pada Senator Senior Wayan Sudirtha,SH yang telah berhasil mengawal hal itu," ujar Wedakarna.

Ia menambahkan, Bali tidak memiliki potensi sumber daya alam seperti Aceh, Riau, Kaltim dan Papua. Di satu sisi Bali telah menyumbangkan Rp 32 triliun devisa untuk negara atau setara dari 30 persen devisa negara.

Peran Bali menyumbangkan devisa yang bersumber dari pariwisata itu sangat penting dalam mengakselerasikan perekonomian nasional.

"Kehadiran DPD adalah untuk membela kepentingan daerah. Bali pun akan bersuara jika nanti ada daerah atau provinsi di Indonesia yang berjuang untuk keadilan dalam pembangunan nasional. Inilah bedanya di DPD, semuanya sangat selaras. Mudah- mudahan perjuangan Bali berhasil," harap Gusti Wedakarna yang juga Rektor Universitas Mahendradatta Bali. (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014