Denpasar (Antara Bali) - Komando Resimen Mahasiswa (Komenwa) Ugracena Bali berhasil melaksanakan 50 kali kegiatan sosial dalam memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-50 organisasi mahasiswa tersebut yang puncaknya akan digelar 29 September 2014.

"Puncak HUT akan dilaksanakan secara sederhana di Monumen Perjuangan Bangsal Pertigaan Gaji, Dalung, Kabupaten Badung," kata Komandan Menwa Ugracena Bali Bagus Ngurah Rai SH, MM didampingi Kepala Staf Menwa Made Hartata S Fil H di Denpasar, Sabtu.

Ia mengatakan, ke-50 kegiatan yang dilaksanakan sejak awal Juli 2014 tersebar di delapan kabupaten dan satu kota di daerah ini.

Berbagai kegiatan itu melibatkan ribuan anggota ugracena, para alumnus, lembaga swadaya masyarakat yang mampu memberikan manfaat kepada masyarakat setempat.

"Komenwa Ugracena Bali dengan tekad dan semangat melaksanakan kegiatan itu, meskipun tidak didukung dana yang memadai," ujar Bagus Ngurah Rai.

Bhakti sosial di Monumen Tanah Aron Kabupaten Karangasem, Bali timur, misalnya digelar selama dua hari, 19-20 Juli 2014 berupa gerakan kebersihan dan penghijauan di sekitar monumen.

Selain itu memberikan bantuan alat sekolah kepada 75 siswa sekolah dasar (SD) yang ekonomi orang tuanya tidak mampu. Kegiatan itu juga diisi dengan dialog kebangsaan dan pemutaran film perjuangan I Gusti Ngurah Rai, pahlawan nasional yang gugur di medan perang di Margarana, Tabanan 20 Nopember 1946.

Kegiatan serupa juga berlangsung di Monumen Penglipuran, sebuah desa wisata di Kabupaten Bangli dan berbagai kegiatan sosial lainnya yang menekankan kemampuan dan keterampilan para anggota, yang mampu memberikan manfaat kepada masyarakat Bali.

Mahasiswa yang tergabung dalam organisasi ini bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Bali juga ikut berperanserta menanggulangi peredaran gelap narkoba di tanah air, yang merambah para generasi muda.

Komenwa Ugracena dalam rangkaian ini menyusun program kerja dengan IARMI Bali yang dipimpin oleh Ketut Sudikerta yang juga Wakil Gubernur Bali yang bisa dilaksanakan secara nyata dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014