Denpasar (Antara Bali) - Komando Daerah Militer IX/Udayana menggelar bakti sosial dengan donor darah memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke-69 secara serentak di Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

"Kegiatan ini untuk mendukung program kemanusiaan Palang Merah Indonesia Bali untuk disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Panglima Kodam IX/Udayana Mayor Jenderal Wisnu Bawa Tenaya sesuai amanat yang dibacakan Inspektur Kodam IX/Udayana, Kolonel Infantri Ratman Wiadi di Denpasar, Selasa.

Kegiatan sosial itu dilaksanakan serentak di jajaran kodam setempat yakni
di wilayah Korem 161/Wira Sakti di Kupang, NTT, Korem 162/Wira Bhakti di Lombok, NTB dan untuk Bali digelar di wilayah Korem 163/Wira Satya Denpasar yang dilaksanakan di Makesdam IX/Udayana dan di Denkesyah Singaraja, Buleleng.

"Untuk Korem 163/Wira Satya, donor darah diselenggarakan atas kerja sama dengan PMI Bali. Perlu diingat bahwa dengan menyumbangkan darah berarti telah menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkannya," imbuhnya.

Ratusan prajurit TNI di lingkungan Korem 163/Wira Satya dengan sukarela mendonorkan darahnya guna kepentingan kemanusiaan di momen hari jadi Tentara Nasional Indonesia itu.

Kepada prajurit, Pangdam Wisnu menyatakan bahwa banyak manfaat postif yang dibisa didapatkan dalam mendonorkan darahnya di antaranya menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis dan bisa mendeteksi penyakit secara dini.

Tak hanya dari kalangan TNI, dalam bakti sosial itu, sejumlah organisasi kemasyaratan juga turut menyumbangkan darahnya di antaranya Forum Putra Putri Purnawirawan, Pemuda Bali Bersatu, Pemuda Panca Marga dan Laskar Bali yang secara keseluruhan dipersiapkan 400 kantong darah.(Dwa)

Pewarta: oleh Dewa Wiguna

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014