Semarapura (Antara Bali) - Tingkat partisipasi politik masyarakat Kabupaten Klungkung pada pemilu legislatif yang mencapai 80 persen melampaui target nasional yang hanya 75 persen.

"Ini bukan keberhasil KPU saja, melainkan juga peran para caleg yang tak henti-hentinya turun langsung," kata Ketua KPU Kabupaten Klungkung Made Kariada di Semarapura, Jumat.

Tingginya partisipasi politik masyarakat itu sekaligus menjawab keraguan semua pihak lantaran pimpinan dan anggota KPU Kabupaten Klungkung tidak banyak memiliki waktu untuk melakukan persiapan karena baru ditetapkan dan dilantik.

"Kami tidak menyangka sampai sebanyak itu. Apalagi masyarakat di Kepulauan Nusa Penida tingkat partisipasinya juga tinggi," ujarnya.

Namun Kariada memperkirakan tingginya partisipasi politik itu sejak Pilkada Kabupaten Klungkung pada akhir 2013 yang dimenangkan oleh pasangan Nyoman Suwirta dan Made Kasta.

"Tingginya partisipasi warga Kepulauan Nusa Penida itu tak terlepas dari peran Bupati Klungkung yang memang berasal dari sana. Bahkan partisipasi masyarakat di Nusa Penida mencapai 82 persen," ujarnya. (M038)

Pewarta: Putu

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014