Gianyar (Antara Bali) - Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar menggelar lomba memungut sampah yang diikuti ratusan murid sekolah dasar di Desa Singapadu Kaler, Minggu.

Antusiasme para peserta sudah terlihat sejak lomba dimulai. Mereka dengan gembira memungut setiap sampah plastik yang ada di sepanjang rute perjalanan sejauh 2,5 kilometer itu.

Kepala Diparta Kabupaten Gianyar, Anak Agung Ari Brahmanta, mengatakan kegiatan dalam rangkaian HUT Ke-243 Kabupaten Gianyar dan bertujuan untuk melatih pola pikir masyarakat khususnya anak-anak agar mempunyai tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan.

"Anak-anak berhak mendapat pendidikan di luar pelajaran sekolah salah satunya dengan peduli terhadap kebersihan sebagai salah satu masalah yang dihadapi masyarakat saat ini. Untuk itu maka diperlukan kegiatan yang merangsang masyarakat untuk semakin sadar dalam menjaga kelestarian lingkungan," ujarnya.

Sekretaris Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Singapadu Kaler, Wayan Karsana, menyambut baik acara ini, ia mengaku sangat senang dengan perhatian pemerintah terhadap desa Singapadu Kaler.

"Acara ini sangat bagus untuk tetap menjaga anak-anak agar peka terhadap kondisi lingkungan. Semoga Diparta seterusnya menjadi ayah angkat dari desa kami dan ke depannya pemerintah dapat melaksanakan kegiatan ini secara berkesinambungan. Pihak kami juga mempunyai harapan untuk mempunyai bank sampah," ujarnya. (M038)

Pewarta: Oleh Putu Arthayasa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014