SBY Ingin Pejabat Riau Paling Depan Tangani Kebakaran Lahan

Jumat, 14 Maret 2014 10:43 WIB

Jakarta (Antara Bali) - Presiden Susilo Yudhoyono memerintahkan para menteri dan pejabat di Provinsi Riau menangani kebakaran hutan yang menyebabkan kabut asap dengan segala cara, atau penanganan itu segera langsung dia ambil alih.

"Malam ini (Kamis 13/3) saya telah instruksikan lagi agar para menteri terkait segera lakukan operasi tanggap darurat dengan gunakan semua cara dan alat," kata dia, dalam akun twitter-nya @SBYudhoyono, di Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan, "Saya ingin para pejabat daerah di Riau berdiri paling depan untuk mencegah dan tangani asap ini. Mengapa terus terjadi dan rakyat jadi korban."

Yudhoyono menegaskan bila dalam waktu dua hari tidak tertangani maka penanganannya akan diambil alih.

"Kalau dalam waktu satu sampai dua hari ini Pemerintah Daerah Riau dan para menteri tidak bisa mengatasi, kepemimpinan dan pengendalian akan saya ambil alih," kata dia.

Menurutnya, meskipun kepolisian telah menetapkan 37 tersangka dan akan diadili, namun bila pembakaran lahan masih dilakukan maka bencana asap akan terjadi terus menerus.

"Sebenarnya pemerintah pusat dan daerah, BNPB serta TNI dan Polri telah berusaha mengatasi, tetapi hasilnya masih belum memuaskan," katanya.

"Kita perlu bekerja sama. Perlu dibangun tanggungjawab dan kesadaran bersama untuk berhenti membakar ladang secara serampangan," kata Yudhoyono. (WDY/i018)

Pewarta: Pewarta: Panca Prabowo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014

Terkait

Pemerintah Siapkan Operasi Darurat Asap

Sabtu, 5 September 2015 20:15

Polisi Tetapkan 65 Tersangka Pembakar Lahan

Senin, 17 Maret 2014 14:19

Data Tersangka Pembakar Lahan Riau Rancu

Senin, 3 Maret 2014 7:49

Asap Masih Menyelimuti Riau

Jumat, 30 Agustus 2013 14:56

Riau Kembali Diselimuti asap

Selasa, 27 Agustus 2013 15:07
Terpopuler