Denpasar (Antara Bali) - Ombudsman Republik Indonesia mendorong Pemprov Bali segera melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik terkait rencana Kemenpan dan Reformasi Birokrasi menjadikan Pulau Dewata sebagai daerah percontohan.

"Kami menyambut baik rencana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) yang akan menjadikan Provinsi Bali sebagai daerah percontohan dalam bidang pelayanan publik pada 2014," kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali Umar Ibnu Alkhatab di Denpasar, Minggu.

Menurut dia, penunjukan ini merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap usaha Pemprov Bali untuk meningkatkan kualitas pelayanan publiknya.

"Kami berharap dengan dijadikannya Bali sebagai percontohan pelayanan publik mampu mendorong Pemprov Bali membangun kerja sama dengan setiap elemen masyarakat yang ada guna menciptakan suasana kondusif dalam kehidupan ekonomi, politik, dan sebagainya," ujarnya.

Umar berpandangan Pemprov Bali pada intinya siap dijadikan percontohan karena didukung potensi sosial kultural yang demikian kaya dan unik.

Sebelumnya, Asisten III Pemprov Bali I Made Santha mengatakan bahwa provinsi setempat akan dijadikan sebagai daerah percontohan dalam bidang pelayanan publik oleh KemenpanRB pada 2014.

Santha mengatakan informasi tersebut diterimanya beberapa waktu lalu saat ditugaskan berkunjung ke Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB di Jakarta.

"Kelihatannya Bali akan dijadikan percontohan pelayanan publik, namun demikian nanti akan ada penunjukan resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB)," katanya.

Menurut dia, terkait dengan layanan publik seperti apa yang diinginkan Kemenpan, nantinya mereka akan mendetailkan. Termasuk juga waktu dimulainya percontohan pada tahun mendatang, itu tergantung pusat.

Pemprov Bali, tambah dia, pada intinya siap dijadikan percontohan dan tidak ada permasalahan dengan berbagai potensi yang dimiliki. (LHS)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013